Posts

Showing posts from 2021

Kamu Akan Sesak Nafas Jika Paham Cara Kerja Dunia

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Hal paling menyesakkan yang terjadi di dunia adalah saat kamu tahu bahwa dunia ini tidak bekerja dengan cara yang kamu kira, tidak berhukum dengan hukum yang kamu pelajari saat muda, dan berbeda sepenuhnya dengan persepsimu selama ini. Sebagian orang lapang dada menerima kenyataan ini, sebagian lain tidak terima dan akhirnya mengubah prinsip hidup, ideologi, dan idealisme. Bagaimana maksudnya? Jadi begini : Untuk melihat bagaimana dunia bekerja lihatlah keBALikan dari kata mutiara, kebalikan dari nasehat umum yang tersebar, kebalikan dari kalimat kalimat motivasi, kebalikan dari cerita cerita dongeng yang pernah kamu dengar. Jika kamu dengar bahwa akhlak yang mulia adalah sebab seseroang dihormati, itu tidak sepenuhnya bear!! sebab orang dihormati dan disegani itu adalah karena jabatan dan harta, seorang yang menjabat jabatan mulia dengan banyak harta akan senantiasa dihormati dan disanjung meskipun perangainya busuk, sifatnya buruk serta memperlakukan orang

Mengharamkan Kripto = Mengharamkan Perkembangan Zaman (Part 2)

Image
POINT 1 salah satu kemampuan manusia yang tidak dimiliki oleh makhluk lain adalah : mampu mengabstraksi sesuatu yang sebenarnya "tidak ada", menjadi "ada" kemudian mempercayai dan menyepakatinya secara berjamaah.  sesuatu yang tidak ada ini adalah "buah imajinasi" hanya “ada secara persepsi” namun meskipun itu adalah buah imajinasi yang sebenarnya "tidak ada" manusia mempercayainya secara beramai ramai sehingga sesuatu yang sebenarnya "tidak ada" menjadi "ada" bingung? begini contohnya :  anda tahu toyota? apa wujud dari toyota ini? apakah mobilnya? bukan! karena jika anda memusnahkan mobil toyota, toyota tetap ada!, apakah gedung perusahaannya? bukan!! karena jika gedungnya kebakaran atau terkena bencana alam, toyota tetap ada!, lalu apakah pendirinya? yaitu kiichiro toyoda? bukan! karena kiichiro toyoda sudah mati sejak tahun 1952 namun toyota tetap ada sampai sekarang!! wujud keberadaan toyota yang sebenarnya hanyalah setum

Mengharamkan Kripto = Mengaramkan Perkembangan Zaman (Part 1)

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc POINT 1 dunia ini dibangun dengan mimpi dan imajinasi, dulu orang bermimpi bisa bercakap cakap dengan teman di luar kota, atau bahkan luar negeri, dulu orang orang bermimpi bisa terbang, dulu orang orang bermimpi bisa berenang bersama ikan ikan, semua itu buah impian dan buah imajinasi. untuk mencapai hal hal yang luar biasa orang harus berani bermimpi yang diolok olok dan ditertawakan oleh masyarakat di zaman tersebut POINT 2 untuk menemukan kata "kuno" orang orang yang hidup seribu tahun lalu harus menengok ribuan tahun kebelakang  zaman ayah saya, beliau menemukan kata "kuno" tidak harus menengok ribuan tahun kebelakang, namun cukup dengan menengok beberapa puluh tahun kebelakang zaman saya saat ini, saya sudah menemukan kata "kuno" hanya menengok beberapa tahun lalu. jika saya menengok beberapa puluh tahun kebelakang yang saya temukan adalah kata "amat sangat kuno" sedangkan beerapa ribu tahun lalu saya menemukan ka

Istihsan, Dalil Yang Paling Jarang Di Dengar, Apalagi Dipahami.

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Istihsan secara bahasa adalah : menganggap sesuatu baik. sedangkan secara istilah istihsan adalah : A. beralihnya seorang mujtahid dari dalil spesifik ke dalil umum karena ada maslahat yang lebih cocok di dalil umum ketimbang dalil spesifik Contoh A Imam Abu Hanifah memperbolehkan mengeluarkan zakat fitri menggunakan uang, padahal ada dalil yang lebih spesifik daripada uang yaitu "makanan pokok" Seorang mujtahid memperbolehkan mengeluarkan zakat fitri menggunakan uang karena di dalam uang terdapat masalahat yang lebih cocok bagi para mustahiq zakat terlebih di masa sekarang yang dimana kebutuhan manusia tidak hanya seputar makanan. dalil umum yang digunakan oleh imam abu hanifah adalah maslahat. dalam kasus ini Imam Abu Hanifah beralih dari dalil analogi (qiyas) ke dalil maslahat ---------------------------ATAU--------------------- B. beralihnya seorang mujtahid dari dalil kuat ke dalil yang kurang kuat, karena maslahat yang paling cocok justru ter

Dari Permusuhan Lahirlah Keagungan

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda Memilih untuk memiliki musuh adalah pilihan mayoritas manusia karena beberapa alasan yang sangat realistis dan rasional, beberapa diantaranya : 1. Memiliki musuh adalah tanda bahwa orang tersebut memperjuangkan sesuatu yang sangat bernilai Lihatlah HTI, siapa musuhnya? dan lihat apa hal bernilai bagi merrka yg mereka perjuangkan?, lihat wahabi, lihat syiah, lihat apple, lihat samsung, dsb. Apa hal bernilai yang mereka perjuangkan?, negara dan organisasi besar memiliki musuh karena mereka memiliki ideologi yang diperjuangkan, keyakinan yang diperjuangkan, dan tujuan bersama yang diperjuangkan. 2. Memiliki musuh menjadikan perasaan lebih baik, karena jika masalah terjadi, ADA YANG DISALAHKAN.  Percayalah menyalahkan itu nikmat, perasaan menjadi lebih baik meski tanpa kehadiran solusi. menyalahkan juga menghadirkan perasaan lega secara instan dibandingkan dengan harus mencari solusi, menyalahkan juga memberikan perasaan bahwa kita didholimi, kita dianiaya, kita dimu

Dialog Imajiner Tentang Kebenaran Agama

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Abaikan saja, ini hanya dialog imajiner, supaya gak hilang di pikiran dan supaya saya bisa bobok nyenyak malam ini, maka ini saya tulis dulu biar pikiran plong.. dialog ini terjadi antara saya dan saya. Sebuah dialog yang sangat berbahaya, yang tidak layak dikonsumsi publik karena bisa menimbulkan kesalahpahaman antara anda dan saya. anda bisa mengira saya liberal atau bahkan kafir karena berdialog imajiner seperti ini. SEBUAH PERNYATAAN : Sesuatu yang saling bertentangan satu sama lain maka semuanya salah, tidak ada yang benar salah satunya. Contoh : dari sekian banyak agama yang ada di dunia semua saling bertentangan satu sama lain, maka karena saling bertentangan keseluruhan agama agama tersebut salah semuanya, tidak ada yang benar sama sekali  BANTAHAN : Jika seseuatu bertentangan satu sama laian, maka harus benar salah satunya sedangkan yang lain harus salah! tidak mungkin benar keduanya dan tidak mungkin salah keduanya. Jika agama agama itu bertentanga

Sang Maestro 1993, dan Kepercayaan Klenik Terhadapnya.

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Saya berniat menjual mobil saya, mobil sedan merah accord maestro tahun 93 sebuah mobil sedan kesayangan yang telah saya rawat segenap hati yang dimana biaya perawatannya jika di total sejak awal saya meminangnya bisa dibuat umroh plus beli oleh olehnya...... hahahaha... !!!........,   Singkat cerita datanglah pembeli, sudah deal di telpon hendak datang besok pagi, sore hari mesin saya panaskan dan jreng... jreng jreng.... gak mau di starter, padahal sebelumnya selama 5 tahun meminangnya gak pernah kayak gitu, paniklah saya, saya panggil bengkel langganan, beberapa puluh menit kemudian akhirnya bisa distarter, alhamdulilaah, jadi deal deh besok!! Besoknya kan janjian nih sama pembelinya jam 1 siang di suatu tempat, nah paginya mobil ini saya bawa nguli ke tempat kerja, lancar jaya lah... dilalah kok setelah jam 1 saat mau ketemuan sama calon pembeli apa cobak? ngadat lagi, ngambeg gak mau distarter!!! what the..... wkwkwkwk, batal deh

Menelaah Kebijakan Tuhan Yang Tak Masuk Akal

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher. Tuhan menyuruh kita berlaku jujur, mengiming imingi dengan imbalan tak terbatas di akhirat, namun kebijakan yang ditampakkan olehnya di dunia terhadap orang jujur sangatlah bertolak belakang dengan janjinya di akhirat. Sebagai kebalikan Tuhan melarang kita berlaku curang, mengancam kita dengan siksa teramat pedih di akhirat, namun perlakuan Tuhan di dunia terhadap orang2 curang sangatlah mulia. Mereka pelaku kecurangan itu mendapatkan segala bentuk kehormatan dan kemakmuran dunia, sedangkan mereka yang berlaku jujur, tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan. Sebagai contoh : dalam kasus penerimaan di pegawai, di suatu lembaga, atau pengisian lowongan jabatan, banyak yang melakukan kecurangan, berupa suap ataupun nepotisme, perilaku tersebut jelas jelas dilarang Tuhan, namun saat mereka yang curang itu mendapatkan posisinya di jabatan atau atau pegawai di suatu tempat, mereka mendapatkan kehormatan, kemakmuran, dan kesejah

3 Logical Fallacies Dalam Kasus Covid Yang Melambung

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Setiap hari saya dengar kabar berita duka, entah offline dari tetangga sekitar, ataupun online dari beranda FB dan kabar broadcast WA, lebih lebih beberapa hari ini selain kabar duka juga ditambah dengan kabar permohonan bantuan plasma darah bagi mantan pengidap korona untuk penderita yang sedang berjuang melawan virus ganas ini. Memuncaknya angka wabah di indonesia beberapa hari ini ada beberapafaktor, namun dari beberapa faktor ada satu sebab yang saya kira adalah biang kerok, sebab pokok, sebab utama, yaitu menyebarnya teori konspirasi bahwa virus korona hanyalah hoax, dan vaksin hanyalah akal akalan bisnis elit global untuk mengeruk keuntungan.  Para penyebar teori konspirasi ini semestinya harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah mereka lakukan, menyebarkan sesuatu yang sifatnya masih dugaan dengan bukti cocoklogi jelas tak sebanding dengan bukti saintifik dengan metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan tidak b

Jauh Bau Wangi, Dekat Bau Tai

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Coba anda berikan kepada tetangga anda 1 hadiah setiap hari selama 1000 hari, di hari ke 1001 sekarang pergilah kerumahnya lalu maki makilah dia, jika diiringi dengan sebutan nama nama hewan di kebun binatang pasti lebih baik. kira kira nih, mana yang akan diingat dan membekas di hati tetanggamu? 1000 hadiahmu? atau satu makian sumpah serampahmu? Pernah saya mendengar keluhan tetangga saya yang baru saja menerima pemberian nasi berkat, dia mengeluh karena daging di nasi berkat pemberian tetangganya itu sangat keras. gumam saya : ini orang kenapa yang diingat dagingnya keras? mengapa tidak berterimakasih karena telah mendapatkan se bakul nasi berkat? Di belahan bumi lain, saya mendengar ghibahan tetangga saya si ibu mertua yang menghina durjanakan menantunya sendiri yang kebetulan tinggal serumah dengannya, entah bangunnya kesiangan, masakannya gak enak, nyucinya gak bersih, banyak lah pokoknya alasan itu. namun di hari lain saya juga m

Karena Hidup Tak Semerdu Kicauan Motivator

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Pernahkah anda mendengar beberapa ungkapan berikut ini? Jadikan hobimu sebagai pekerjaan, lakukan hal hal yang kamu sukai, hasilkan uang darinya, niscaya kamu tak perlu bekerja seumur hidup, karena apa yang  menjadi hobimu, menghasilkanmu uang, seperti bermain main lalu dibayar, enak bukan? Kejar passionmu, bekerjalah untuk sesuatu yang benar benar menjadi gairahmu, jangan bekerja seperti budak, bekerja dalam bidang yang tidak kamu sukai. Dua kicauan motivator diatas sangatlah merdu, menggema dimaan mana, jutaan orang terbuai akannya, namun ada jutaan orang pula yang kecewa karena pada kenyataannya dunia kerja yang sesungguhnya tak seindah kicauan motivator diatas. Ada  dua alasan mengapa kicauan motivator diatas hanyalah bacotan indah bagi pemimpi di siang bolong 1. Hobi jika dijadikan pekerjaan maka itu bukan hobi lagi, namun "pekerjaan", dan asal kamu tahu pekerjaan itu tidak ada yang enak. Yang namanya hobi, kamu melakuka

Manusia Yang Tuhan.

Image
oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Saya pernah dicurhati seorang teman bahwa dia tidak memiliki motor, jadi kemana mana dia naik sepeda ontel butut, sepeda onthel yang hanya laku jika dijual kiloan di pasar loak. Dengan suara iba dia bilang “andaikan aku punya uang 3 juta saja, saya akan beli motor, jelek pun tak papa yang penting bisa dipakai dan tidak capek seperti sepeda” Sayapun kaget, kaget bukan karena teman saya tadi tidak punya uang, namun kaget karena beberapa bulan lalu saya juga dengar curhatan teman lain jika dia pingin mobil meskipun jelek jelek, karena dia hanya punya motor, bagi dia mobil jelek pun tak apa yang penting bisa digunakan untuk mengantar ibunya yang sudah sepuh untuk berobat, karena jika naik motor akan bahaya karena beliau sudah sepuh dan tidak stabil saat membonceng, sehingga ditakutkan jatuh. Di lingkar pertemanan saya yang lain, saya mendengar keluhan teman yang ingin mobil baru, karena mobil yang lama sudah sering masuk keluar bengkel kar

Pada Dasarnya Kita Semua Terpenjara Oleh Persepsi

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher Percaya nggak? kalau sebenarnya kita semua nggak bebas, kita bukanlah manusia bebas yang bisa berkehendak semau hati kita sendiri, ada sebuah dinding kuat yang membatasi ruang lingkup kita, saking kuatnya anda tak akan pernah mampu berpikir dan berkehendak bebas lepas, anda tidak akan pernah mampu meruntuhkan dinding penjara ini, dinding penjara yang saya maksud adalah PERSEPSI. Apalagi kita hidup di indonesia, yang dimana nilai, derajat, dan strata sosial seseorang ditentukan bukan dari persepsi dirinya sendiri, namun dari pandangan orang lain terhadap dirinya, kata lainnya : NILAIMU DITENTUKAN OLEH PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP DIIRIMU.  Yang pada akhirnya banyak dari kita yang membangun persepsi ini mati matian, terkadang sampai mengorbankan kebahagiaan diri sendiri, terkadang sampai bertentangan dengan hati nurani, terkadang dengan menyiksa diri sendiri. bahkan terkadang dengan mengabaikan seluruh ancaman Tuhan. Contoh permisalan d

Berpikirlah Realistis!!, Jangan Optimis!!, Apalagi Pesimis.!!

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Founder Abda Publisher Dulu saat saya masih muda (padahal kan sekarang juga masih muda hahaha), membaca buku motivasi membuat semangat saya terbakar membara menyala nyala, bagaikan 2 bom atom yang meledak diatas hiroshma nagasaki, semangat itu berkobar luar biasa dan seketika rasa optimis menggelora dalam dada.  Saat dewasa saya kaget ternyata dunia nyata berbeda sepenuhnya dengan kata kata motivsai itu, kobaran motivasi semangat dan optimisme yang sempat meledak beberapa tahun silam lenyap seketika saat berhadapan dengan kemunafikan dunia. terkadang rasa optimisme itu berubah menjadi rasa kecewa karena apa yang kita bayangkan tentang gambaran masa depan tak seindah kata kata motivasi yang pernah kita dengar di masa lalu. Mengapa rasa kecewa itu muncil? karena saat itu saya berpikir terlalu optimis, ternyatta optimisme yang berlebihan bisa berbalik menjadi kecewa bahkan dalam tingkatan yang lebih parah bisa mengarah kepada depresi dan tekanan batin. Singkat kata

Dunia Nyata Bukanlah Kata Kata Mutiara

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc, Founder Abda Publisher Sebagian kata mutiara adalah hiburan jiwa, (hanya  sebagian) bukan representasi dari kondisi nyata dunia sekitar kita, ini fakta, ini nyata, meskipun banyak yang mengingkarinya karena ketakutan akan sebuah kenyataan, sebuah kebenaran pahit yang tidak bisa diterima karena akan menghancurkan imajinasi pendengarnya Kenyataan dunia sekitar kita bertolak belakang dengan sebagian kata mutiara, dunia nyata sangat sangat berbeda dengan persepsi dan anggapan kita, kamu akan kecewa saat menyadari bahwa sebagian nasehat nasehat bijak, idealisme, serta kata kata mutiara menjadi omong kosong besar saat kamu dewasa. dan saat kamu menyadarinya saat itulah kamu mulai berpikir untuk meninggalkan seluruh mimpi indah masa sekolahmu, saat itu saat dimana tirai kemunafikan dunia tersibak di depan matamu. Kita mulai dari kejujuran, sifat terpuji yang digaungkan oleh sekolah hanya akan menjadi omong kosong besar saat kamu dewasa, kamu akan menyaksikan keboho

Kisah Pemerkosa Berdandan Wali, Yang Dipuja Seperti Nabi.

Image
Oleh : Ahmad Budi Ahda Founder Abda Publisher Isi tulisan ini adalah ghibah.... bagi yang takut dosa ghibah, abaikan saja tulisan ini..... wkwkwkwkwk....  Dalam 35 tahun umur yang dititipkan Tuhan kepada saya, saya menyaksikan banyak pemerkosaan yang terjadi di depan mata tanpa bisa berbuat apa apa, baik saya maupun korban. Tidak sanggup protes karena sang pemerkosa berdandan wali yang diperlakukan masyarakat bagaikan nabi. Seolah olah tindakan pemerkosaannya adalah titah Tuhan yang tak bisa ditolak apalagi diberontak oleh korban apalagi saya rakyat jelata berkasta sudra. SUPER PENTING : Sebelum saya lanjutkan saya tidak ingin anda melakukan logical fallacy of hasty generalization, saya tidak mau hanya karena saya bahas kebusukan suatu oknum lantas anda bepikir jika semua orang yang menjalankan profesi yang sama busuk semuanya!! tidak... tidak demikian.... orang orang tulus yang benar benar baik jauh lebih banyak.... Kisah pemerkosaan ini datang lembaga pendidikan, entah lembaga pendid

Apa Cita Citamu Nak? Membanggakan Kedua Orang Tua Pak!! ----- Wow GEJE Bangeeet...!!

Image
  Oleh : Ahmad Budi Ahda , Founder Abda Publisher tulisan ini akan membuat saya di demo orang tua se nusantara... wekwekwekwek..... Beberapa hari kemarin saya iseng liatin biodata siswa siswi sebuah sekolah menengah, disitu saya langsung lihat kolom cita cita.... sebuah cita cita sejuta anak bangsa ini ternyata adalah : membanggakan kedua orang tua!!... entah ini kabar baik atau berita buruk, entah saya harus bersyukur atau kufur, entah saya harus sujud atau salto setelah saya baca cita cita sejuta umat eh anak SMP ini.... Jadi gini nich... asal kalian tahu ya..... membanggakan kedua orang tua adalah cita cita paling absurd, paling gak masuk akal, paling gak gue banget lah pokoknya..... setidaknya ada 3 alasan mengapa ini adalah cita cita usang yang harus dimusnahkan dari benak anak Indonesia.... ciee....   Alasan 1 = cita cita macam gini ini GAK SPESIFIK BLASH!!,, Sesuatu yang tidak spesifik adalah sesuatu yang gak jelas, gak akan bisa ditarget, gak bisa direncanakan cara meraihnya, g

Dari Mana Datangnya Nilai Mata Uang? (Emas, Fiat, dan Kripto)

Image
Oelh : Ahmad Budi Ahda, Founder Abda Publisher  Semua dari kita pernah memegang uang, dan semua pernah bertransaksi dengan uang, namun saya yakin hanya sedikit yang mengerti dan paham darimana datangnya nilai mata uang. Singkat kata : mengapa orang mau menyerahkan sebungkus nasi pecel dengan selembar kertas? Dalam perkembangan yang lebih maju mengapa orang kok mau maunya menyerahkan sebuah mobil hanya dengan imbalan pergantian beberapa digit angka di nomor rekening? Ada 3 mata uang yang akan kita kupas satu persatu darimana asal muasal nilainya, dan mengapa orang orang mau menerimanya, Uang emas perak yang sudah punah dan tidak digunakan lagi, bahkan illegal jika digunakan di negara kita. Uang Fiat, atau kita mengenalnya adengan sebutan uang kertas, uang saat ini, bisa kertas, bisa juga hanya berupa angka di nomor rekeing, atau hanya angka di aplikasi dompet virtual seperti gopaay, ovo, shopeepay, paypal, dan pay pay yang lain Uang Kripto, yang digadang gadang sebagai uang masa depa