Dari Mana Datangnya Nilai Mata Uang? (Emas, Fiat, dan Kripto)



Oelh : Ahmad Budi Ahda,
Founder Abda Publisher 

Semua dari kita pernah memegang uang, dan semua pernah bertransaksi dengan uang, namun saya yakin hanya sedikit yang mengerti dan paham darimana datangnya nilai mata uang.

Singkat kata : mengapa orang mau menyerahkan sebungkus nasi pecel dengan selembar kertas? Dalam perkembangan yang lebih maju mengapa orang kok mau maunya menyerahkan sebuah mobil hanya dengan imbalan pergantian beberapa digit angka di nomor rekening?

Ada 3 mata uang yang akan kita kupas satu persatu darimana asal muasal nilainya, dan mengapa orang orang mau menerimanya,

  1. Uang emas perak yang sudah punah dan tidak digunakan lagi, bahkan illegal jika digunakan di negara kita.
  2. Uang Fiat, atau kita mengenalnya adengan sebutan uang kertas, uang saat ini, bisa kertas, bisa juga hanya berupa angka di nomor rekeing, atau hanya angka di aplikasi dompet virtual seperti gopaay, ovo, shopeepay, paypal, dan pay pay yang lain
  3. Uang Kripto, yang digadang gadang sebagai uang masa depan, sejenis mata uang ilegal jika digunakan sebagai transaksi di negara kita, namun legal jika diperdangkan, dan diperjual belikan sebagai aset komoditi digital.

Sebab dari ketiga jenis mata uang diatas akan kita bagi menjadi dua , yaitu sebab umum, dan sebab khusus, sebab umum mewakili ketiganya, sebab khusus adalah sebab yang hanya dimiliki oleh masing masing jenis mata uang.

SEBAB UMUM.

Pada dasarnya ketiga jenis mata uang diatas memiliki nilai sehingga bisa ditukar dengan barang dan jasa adalah  "KEPERCAYAAN"  ketika anda menjual barang atau jasa kemudian menerima beberapa lembar uang, anda PERCAYA bahwa beberapa lembar kertas itu bisa anda tukarkan kepada peyedia barang atau jasa lain, dan orang yang menerima uang itu juga PERCAYA bahwa sewaktu waktu dia bisa dengan mudah menukarkan lembaran kertas itu menjadi barang atau jasa.

KEPERCAYAAN dalam jenis mata uang emas (jenis mata uang no 1) dan fiat (jenis mata uang no 2) dikuatkan oleh negara, negara menjamin bahwa mata uang tersebut legal dan sebagai alat pembayaran yang sah. adapun untuk jenis mata uang ke 3 yaitu kripto, kepercayaan didapat dari KOMUNITAS. dalam sebuah komunitas yang sangat besar terkoneksi di seluruh dunia, para pengguna mata uang kripto percaya jika mata uangnya bisa ditukar dengan barang jasa, karena KOMUNITAS percaya jika mata uang kripto itu bisa ditukar dengan barang atau jasa.

SEBAB KHUSUS

a. Mata Uang Emas Perak.

Sebab mata uang jenis emas perak bisa ditukar dengan barang atau jasa karena "BERNILAI" dari sejak puluhan generasi sudah terbangun persepsi jikalau emas dan perak itu BERNILAI. orang orang menganggapnya sebagai logam mulia, dalam artian meskipun emas perak diperlakukan bukan sebagai uang, manusia mau saja menukarkan barang atau jasanya dengan emas, contohnya saya juga pasti mau jika mobil saya ditukar dengan 100 Kg emas.

Mengapa saya mau? ya karena emas itu bernilai sungguhan, pasti 100 kg emas yang saya dapat itu bisa saya tukar lagi untuk kebutuhan lain, untuk beli pesawat atau helikopter misalnya, wkwkwkwk.

Point : Nilai mata uang emas ini didapat dari fisiknya sendiri yang memang bernilai.

b. Mata Uang Fiat (uang kertas)

Mengapa selembar kertas yang fisiknya tak bernilai bisa ditukar dalam wujud barang atau jasa? jawabnya karena selembar kertas itu adalah "BUKTI HUTANG". lebih tepatnya bukti hutang peminjam kepada Bank!!

Permisalannya begini : saya ingin beli hape senilai 1 juta, namun saya tidak punya uang, lalu kepada penjual saya membuat surat pernyataan hutang, bahwasanya saya punya hutang kepada penjual HP senilai 1 juta rupiah penjual hapepun menerima, singkat cerita terjadilah pertukaran antara HP senilai 1 juta rupiah dengan selembar kertas bukti hutang tadi.

Beberapa waktu kemudian si penjual hape butuh bayar sekolah anaknya sebesar 1 juta rupiah, si penjual hape menyerahkan surat bukti hutang saya yang bernilai 1 juta rupiah kepada pihak sekolah, dan pihak sekolah mau menerimanya.

Perpindahan surat hutang dari saya ke penjual HP, dan dari penjual HP ke sekolah adalah gambaran mata uang kertas kita saat ini, mengapa orang orang mau menerima uang yang hanya selembar kertas ini? jawabnya karena uang ini adalah BUKTI HUTANG!!

Lantas bagaimana dengan pembelian menggunajan gopay, ovo, dana, shopeepay, paypal? Apakah sama dengan yang kertas? Jawab : SAMA, karena meskipun dia hanya berupa angka namun angka2 itu dibacking oleh uang kertas yang nilainya didapat dari HUTANG!!

Paragraf singkat untuk menjelaskan uang fiat ini adalah : Anda memang tidak berhutang, namun uang yang anda pegang saat ini adalah hasil dari seseorang, atau perusahaan, atau bahkan negara yang sebelumnya berhutang terlebih dahulu. Jika tidak ada yang berhutang maka tidak akan ada uang yang beredar di muka bumi ini.

C.  Mata Uang Kripto. (Bitcoin dkk)

Darimana datangnya nilai mata uang ini? mengapa orang mau menukarkan barang mereka hanya dengan angka di tulisan komputer? Nilai dari mata uang ini didapat dari PERMINTAAN. Semakin besar permintaan maka nilainya semakin tinggi, semakin rendah permintaan maka nilainya semakin rendah.


Sebagai informasi jumlah bitcoin yang beredar di dunia maksimal hanya 21 juta bitcoin, tidak bisa lebih dari 21 juta, maka semakin besar permintaan terhadap bitcoin dengan jumlahnya yang terbatas maka semakin tinggi pula nilainya, begitu pula sebaliknya semakin rendah permintaannya semakin rendah pula nilainya.

Saat kelahirannya mata uang jenis ini sama sekali tidak punya nilai, dia hanyalah angka binari yang terekam dalam memori server komputer berjenis blockchain, seiring waktu angka angka ini diperdagangkan, dan dari bursa mata uang kripto inilah mata uang jenis ini mendapatkan nilainya, karena ada orang yang ingin membelinya dan ada orang yang ingin menjualnya. 

Dulu di tahun 2010 saat bitcoin masih seumur jagung, ada orang membeli 2 pizza dengan 10.000 bitcoin... sekarang di tahun 2021 10.000 bitcoin setara dengan 5 trilliun rupiah...

Mengapa nilainya naik? Karena orang2 yg menginginkan bitcoin di tahun 2021 jauuh lebih banyak daripada yg menginginkannya di tahun 2010. Andaikata di tahun 2031 yg menginginkannya lebih banyak maka nilainya akan jauh meningkat dari tahun 2021 begitu pula sebaliknya jika yg menginginkannya sedikit maka nilainya akan menurun

KESIMPULAN

Dari pemaparan diatas kita rangkum asal nilai ketiga mata uang yaitu

  1. Mata uang emas nilainya datang dari FISIKNYA sendiri yang memang bernilai.
  2. Mata uang fiat nilainya datang dari BUKTI HUTANG
  3. Mata uang kripto nilainya datang dari PERMINTAAN.

 

Comments

  1. I used a glass for the first time - Titanium Glass
    for titanium muzzle brake the first time - Titanium Glass (I bought a glass for $12 a year) and for titanium sheet it, gold titanium alloy $10.99, titanium dental implants and periodontics $9.99. 슈어 벳

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro