Karena Hidup Tak Semerdu Kicauan Motivator


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. Founder Abda Publisher

Pernahkah anda mendengar beberapa ungkapan berikut ini?

  • Jadikan hobimu sebagai pekerjaan, lakukan hal hal yang kamu sukai, hasilkan uang darinya, niscaya kamu tak perlu bekerja seumur hidup, karena apa yang  menjadi hobimu, menghasilkanmu uang, seperti bermain main lalu dibayar, enak bukan?
  • Kejar passionmu, bekerjalah untuk sesuatu yang benar benar menjadi gairahmu, jangan bekerja seperti budak, bekerja dalam bidang yang tidak kamu sukai.

Dua kicauan motivator diatas sangatlah merdu, menggema dimaan mana, jutaan orang terbuai akannya, namun ada jutaan orang pula yang kecewa karena pada kenyataannya dunia kerja yang sesungguhnya tak seindah kicauan motivator diatas.

Ada  dua alasan mengapa kicauan motivator diatas hanyalah bacotan indah bagi pemimpi di siang bolong

1. Hobi jika dijadikan pekerjaan maka itu bukan hobi lagi, namun "pekerjaan", dan asal kamu tahu pekerjaan itu tidak ada yang enak.

Yang namanya hobi, kamu melakukannya hanya untuk kesenangan, dan kamu melakukannya tidak rutin, hanya butuh beberapa kali saja dalam seminggu, itulah alasan mengapa hobi itu nikmat, karena tidak ada tuntutan, tidak ada tekanan, dan tidak ada target

Berbeda dengan pekerjaan, mau tidak mau kamu harus melakukannya tiap hari dan harus sesuai target, ada target dan tekanan dalam pekerjaan, nah... jika hobimu kamu jadikan pekerjaan, maka hobi itu bukan sesuatu yang menyenangkan lagi, tak butuh waktu lama hobi itu akan menyiksamu karena hobi yang semula tidak ada target, tidak ada tekanan, dan tidak ada tuntutan berubah menjadi sesuatu yang harus ada target, harus ada tuntutan, dan tekanan, percayalah semua yang bersifat menekan itu tidak enak!

Bekerja itu tidak ada yang enak... meskipun sama sama di depan komputer, antara refreshing dan bekerja sangatlah berbeda dampaknya, seseorang yang berada di hadapan komputer untuk bekerja, dia akan merasakan kelelahan hanya beberapa jam, namun untuk refreshing dia bisa melakukannya semalaman suntuk.

Bekerja ada target, ada tekanan, dan itu tidak nyaman. bahkan seorang youtuber sekalipun yang kalian bayangkan hidupnya enak karena hanya bikin video terus dapat uang, itu tidak enak!! karena dia dikejar target oleh para subscribernya, ada tuntutan untuk selalu upload video baru dalam jangka waktu tertentu.

2. Semua orang bekerja pada sesuatu yang tidak mereka sukai, barulah kemudian menggunakan uang yang mereka dapat dari bekerja untuk sesuatu yang mereka sukai

Faktanya, tidak ada manusia yang suka terhadap pekerjaannya, karena semua pekerjaan itu sifatnya mengekang, secara alamiah manusia tidak suka terhadap tekanan, bahkan dalam beberpa lowongan pekerjaan tertulis dengan jelas syarat menempati suatu posisi tertentu yaitu : siap bekerja dalam tekanan.

Jika kamu bekerja pada sesuatu yang tidak kamu sukai, dan pekerjaan itu membuatmu tertekan, ketahuilah, kamu bukanlah satu satunya... semua orang merasakan hal itu.. karena pada dasarnya orang mencari pekerjaan itu yang penting nyaman, tenang, adapun kalau urusan gaji itu nomor satu!! hahahahaha... 

Kembali pada point 2 yang saya tulis, semua orang tertetkan dalalm pekerjaannya, nah barulah dari uang yang mereka dapat dari bekerja  digunakan untuk sesuatu yang benar benar mereka sukai. untuk beli kuota internet supaya bisa baca tulisan ini misalnya... hehehehehe

Disclaimer :

Ungkapan TIDAK ADA, dalam tulisan saya diatas adalah majaz mursal : mengatakan "tidak ada" namun yang dimakasud adalah "sesuatu yang sangat sangat jarang terjadi". sama seperti ungkapan : di mesir tidak ada hujan, bukan berarti disana tak pernah turun hujan, namun hujan disana sangat sangat jarang turun, maka diakatan tidak ada!!

Comments

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro