Kamu Akan Sesak Nafas Jika Paham Cara Kerja Dunia


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc.

Hal paling menyesakkan yang terjadi di dunia adalah saat kamu tahu bahwa dunia ini tidak bekerja dengan cara yang kamu kira, tidak berhukum dengan hukum yang kamu pelajari saat muda, dan berbeda sepenuhnya dengan persepsimu selama ini.

Sebagian orang lapang dada menerima kenyataan ini, sebagian lain tidak terima dan akhirnya mengubah prinsip hidup, ideologi, dan idealisme.

Bagaimana maksudnya?

Jadi begini :

Untuk melihat bagaimana dunia bekerja lihatlah keBALikan dari kata mutiara, kebalikan dari nasehat umum yang tersebar, kebalikan dari kalimat kalimat motivasi, kebalikan dari cerita cerita dongeng yang pernah kamu dengar.

Jika kamu dengar bahwa akhlak yang mulia adalah sebab seseroang dihormati, itu tidak sepenuhnya bear!! sebab orang dihormati dan disegani itu adalah karena jabatan dan harta, seorang yang menjabat jabatan mulia dengan banyak harta akan senantiasa dihormati dan disanjung meskipun perangainya busuk, sifatnya buruk serta memperlakukan orang lain dengan semena mena, tidak punya hormat kepada orang lain!! sebaliknya tak peduli seindah apapun akhlakmu namun jika kamu tak punya jabatan dan tak punya harta, orang orang tidak mempedulikan keberadaanmu dan menganggap seluruh ucapanmu hanyalah omong kosong.

Jika kamu dengar bahwa orang jujur pasti beruntung dan pasti menang, sedangkan yang curang pasti akan binasa, itu bohong!! yang terjadi sebenarnya justru kebalikanya, mereka yang menang, mereka yang jaya dan mereka yang mendapatkan kemuliaan adalah mereka yang curang, orang orang jujur tidak memiliki tempat di dunia ini, manusia jujur adalah orang orang orang yang diasingkan, dibuang dari lingkaran kehidupan. jika anda tidak percaya point ini maka anda masih terlalu muda untuk mengerti dan saya tebak umur anda belum kepala 3.

Jika ada kata mutiara berbunyi bahwa kemuliaan itu diperoleh dengan ilmu dan adab, bukan dengan keturunan, yang terjadi sebenarnya adalah kebalikannya, dunia memuliakan orang orang yang berasal dari keturunan orang orang besar nan hebat, keturunan nabi, keturunan raja, keturunan pejabat, atau keturunan kiyai. kamu kira para habaib itu mulia karena ilmunya? iya betul mulia karena ilmunya, namun jika beliau para habaib bukan keturunan Nabi emang bisa semulia sekarang? begitu pula para gus  putra kiyai, tebak sendiri kemuliaan mereka berasal dari ilmunya? atau karena keturunan?

Jika mereka bilang kepadamu bahwa kerja keras tak akan pernah mengkhianati hasil, maka yang sebenarnya terjadi adalah kerja keras sering kali mengkhianati hasil. siapa yang bersungguh sungguh sering kali tidak berhasil, jika kerja keras tak akan pernah mengkhianati hasil dan siapa saja yang bersungguh sungguh pasti akan berhasil, maka seluruh peserta olimpiade itu akan meraih medali emas, seluruh klub sepak bolah memenangkan kejuaraan, dan selruh dunia memenangkan piala dunia.

Jika kamu dengar kalimat motivasi yang berbunyi : uang bukanlah segala galanya, maka yang terjadi sebenarnya uang adalah segala galanya, bahkan segala galanya juga butuh uang, uang adalah tujuan manusia untuk menggapai mimpi, cita cita, kesenangan, kesehatan, kebahagiaan, dan segalanya, tanpa uang mustahil hal itu akan tercapai.  jika orang orang bilang bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan, maka sebearnya uang betul betul bisa membeli kebahagiaan.

Jika dikatakan kepadamu bahwa sekolah dan kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan untuk mencari ijazah, maka itu bohong!! sekolah dan kuliah itu ya untuk mencari ijazah!! ijazah digunakan untuk mencari kerja dan prestise atau gengsi. jika sekolah dan kuliah adalah untuk mencari ilmu, maka orang tak akan sudi ke sekolah atau ke kampus, ilmu bisa didapat di mana saja dan dari mana saja, terlebih di dunia digital seperti sekarang.

lantas apa yang harus saya lakukan? apakah saya harus ikut arus dunia mengalir? dan ikut cara bagaimana dunia bekerja? jawabannya kembali kepada paragraf pertamaf pertama apakah anda lapang dada menerima kenyataan ini, atau akan mengubah prinsip hidup, ideologi, dan idealisme.?

beberapa orang besar yang saya jumpai memilih ikut bagaimana cara kerja dunia dan mengikuti apa yang dimau oleh dunia. apakah itu berarti saya harus ikut cara mereka? semua kembali ke anda, namun prinsip saya kotoran sapi tidak akan pernah menjadi cokelat hanya karena dimakan oleh semua orang.


Comments

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro