Ciri - Ciri Hoax

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

BENCANA HOAX NASIONAL

Bencana Hoax memiliki daya rusak yang tak jauh berbeda dengan bencana gempa bumi, banjir ataupun Tsunami, jika gempa bumi menyebabkan kerusakan fisik, hoax menyebabkan kerusakan mental dan pola pikir, manusia yang termakan hoax akan meyakini sesuatu yang sebenarnya absurd sebagai fakta yang wajib dipercaya, lebih jauh lagi manusia yang terkena bencana hoax pola pikir sehatnya akan rusak sehingga sulit menerima sesuatu yang positif karena jiwanya sudah dipenuhi dengan beragam hal negatif, pesimisme, serta apatisme, sulit menerima kebenaran, karena yang dia percayai hanyalah pembenaran dari apa yang telah dia yakini.

Dua dekade lalu persepsi masyarakat tentang orang bodoh adalah sebutan bagi mereka yang tidak bisa membaca, satu dekade kemudian persepsi ini bergeser dari yang tidak bisa membaca menjadi yang tidak kenal komputer dan internet, saat ini persepsi itu berubah total, orang bodoh bukanlah yang tidak bisa membaca bukan pula yang buta komputer dan internet, saat ini orang bodoh adalah sebutan bagi siapa saja yang mempercayai apapun yang dia baca di internet, tanpa klarifikasi, tanpa referensi.

Sejauh yang saya alami, perubahan jaman saat ini jauh lebih cepat daripada perubahan sistem pendidikan dan pengajaran, saat pendidikan mulai berbenah untuk melangkahi satu anak tangga dengan berjalan, jaman telah melampaui 10 anak tangga dengan berlari, disaaat sekolah mulai merangkak dengan kampanye anti hoax bekerjasama dengan polisi, disaat itu hoax telah sampai pada 10 level lebih jauh dengan masuk alam bawah sadar siswa, bahkan guru dan orang tua tak luput dari serangan hoax yang sudah berada dalam taraf pola pikir alam bawah sadar.

Hoax selalu tampil dalam beragam bentuk, dari beragam tampilan itu memiliki ciri ciri yang serupa, berikut adalah ciri ciri dari Hoax, saya katakan point point berikut hanyalah ciri ciri, jangan salah mempersepsikan ciri ciri dengan sesuatu yang sudah pasti, sebagai contoh : ciri ciri kucing adalah berkumis, jangan dianggap setiap yaang berkumis adalah kucing, ciri ciri hoax bisa kita ringkas sebagai berikut :


1. BERITA ATAU INFORMASI SANGAT SENSASIONAL, BAHKAN TIDAK MASUK AKAL
Contoh :
* ternyata bumi itu datar (bisa dijumpai di youtube flath earth 101)
* menteri agama melegalkan LGBT (yang ini baru saja saya jumpai menyebar di WA)
* kiamat akan terjadi di tahun 1500 H (yang ini rame menyebar juga di WA, setidaknya sudah saya jumpai kiamat gagal, yang pertama tanggal 9-9-1999, yang kedua 21-12-2012, dan sekarang ada lagi nanti di tahun 1500 H )
* indonesia akan dibuat kekeringan dengan teknologi pengatur cuaca sampai desember gak akan turun hujan ( yang ini di FB di share ratusan kali, terbukti hoax karena di kota saya turun hujan 2 hari berturut turut sekarang dan kemarin hujan deras)
* permen merek (x) yang dijual di kantin sekolah dengan harga seribuan ternyata mengandung sabu sabu (harga sabu sabu adalah ratusan ribu per gramnya, bagaimana bisa dimasukkan kedalam permen dengan harga seribuan?)

2. ADA KATA SHARE, SEBARKAN, ATAU VIRALKAN DI AKHIR BERITA
Contoh :
* viralkan supaya orang orang tahu
* sebarkanlah maka anda masuk surga
* jika anda menerima informasi ini dan tidak menyebarkan ke 10 group di kontak anda, dalam 10 hari kedepan anda akan mendapatkan musibah
* share atau kemaluan anda membusuk (yang ini benar benar saya jumpai)

3. SETIAP BERITA ATAU INFORMASI YANG PROFOKATIF, ISI BERITA ADALAH MEMPENGARUHI ORANG LAIN UNTUK BENCI KEPADA SESEORANG, GOLONGAN, AGAMA, KELOMPOK, ATAUPUN SUKU MAKA KEMUNGKINAN BESAR ADALAH BERITA BOHONG /HOAX.
Contoh :
*kasus pemukulan ibu RS dengan framing berita menyudutkan salah satu pasangan capres.

4. TIDAK DILIPUT MEDIA MAINSTREAM TERPERCAYA
Contoh :
Kasus demo di depan mahkamah konstitusi disertai kalimat profokatif yang di share ratusan ribu kali dan ternyata hanyalah simulasi, pembuat berita sudah berada di penjara saat ini. Bagaimana bisa ada demo besar yang luput dari pemberitaan televisi?

5. TIDAK JELAS SUMBER DAN ASAL USULNYA
Contoh :
* menurut dokter kusyari timun bakar dapat menyembuhkan kanker (dokter kusyari itu siapa? Kerja di rumah sakit mana? Tinggalnya dimana? Tidak diketahui)
* menurut dawuh romo yai kholil masyarakat dihimbau bershawalat 1000x setiap hari untuk menolak bencana dari indonesia (romo yai kholil itu siapa? Beliau tinggal dimana? Pimpinan ponpes apa? Tidak jelas)
* saat briefing tadi pagi di kantor, bos mengatakan untuk berhemat karena indonesia akan dilanda krisis dan kekacauan ekonomi yang parah ( yang membriefieng siapa? Yang dibriefing siapa? Berada di Kantor mana? Tidak jelas)


6. MENGANDUNG COCOKLOGI
Jika dalam sebuah informasi anda dapati cocoklogi tanggal kejadian yang dikaitkan dengan nomor surat atau ayat dalam kitab suci atau jam kejadian yang serupa dengan beragam bencana yang terjadi, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada anda yang percaya saya katakan jika itu adalah HOAX.

7. MENGKAITKAN INFORMASI DENGAN TEORI KONSPIRASI POPULER SEPERTI ILLUMINATI, FREEMASON, MATA DAJJAL, ATAU LAMBANG SETAN.
Jika didapati dalam sebuah informasi yang mengkaitkan di dalamnya dengan illuminati, mata setan, dajjal, kaum elit global, hendaknya anda jangan telan mentah mentah karena dengan sangat menyesal saya katakan jika itu adalah hoax.
Contoh :
*pantai mamuju di sulawesi barat dihantam tsunami karena ada taman pantai yang bergambar mata dajjal
* lambang trans tv adalah jangkar yang merupakan lambang illuminati
* celana dalam yang berbentuk segitiga adalah lambang pemuja setan, oleh sebab itu jangan dipakai. *facepalm*

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro