Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

1. Fallacy Of  Hasty Generalization

Kekeliruan berpikir karena tergesa gesa membuat generalisasi, yaitu mengambil kesimpulan umum dari kasus individual yang terlampau sedikit

Contoh :
  • Andi bertemu Rina, Masya, dan Kayla, ketiganya cantik, dan ketiganya berasal dari Sunda, kemudian andi menyimpulkan seluruh wanita sunda cantik.
  • Prof Quraisy Sihab dalam tafsir Al Misbah mengutip beberapa mufassir syiah, kemudian menyimpulkan bahwa Prof Quraisy adalah Syiah.

2. Fallacy Of Forced Hyphotesis

Kekeliruan berpikir karena memaksakan kebenaran yang masih bersifat dugaan

Contoh :
  • Rudi Hanya Bekerja sebagai PNS Golongan 3 bergaji 4 Juta Perbulan, namun Rudi memiliki Aset Miliaran Rupiah. kesimpulan : Rudi Korupsi atau Memelihara Tuyul
  • Yusuf memiliki sepeda motor, suatu ketika David pergi kerumah yusuf dan mendapati sepeda motor tidak ada di depan rumah, kesimpulan : Yusuf tidak ada dirumah.
Baca Juga
Tuhan Yang Hilang, Buku Yang dituduh Menggugat Kebijakan Tuhan

3. Fallacy Of Appealing To Authority

Kekeliruan karena mendasarkan pada otoritas seseorang

Contoh :
  • Dalam sebuah diskusi dan adu argumen, Si A lulusan S1 sedang Si B lulusan S2, suatu ketika Si B yang lulusan S2 mengalami kebuntuan argumen dalam mendebat Si A yang hanya lulusan S1 kemudian Si B berkata : kamu hanya lulusan S1 sedangkan Saya S2, keilmuanmu tidak sebanding denganku. jadi pendapatmu tidak bisa diterima.
  • Gus Murod bahan bacaannya bahasa arab, inggris dan indonesia, sedangkan Mark Corn bahan bacaannya hanya buku buku berbahasa inggris, jadi seluruh pendapat mark corn yang bertentangan dengan Gus Murod salah, karena Mark Corn tidak lebih berilmu daripada Gus Murod
  • Kelompok A memiliki sentral Figur yaitu Syeikh titik titik titik, maka seluruh pendapat yang bertentangan dengan pendapat sang sentral Figur adalah Salah!
4. Fallacy Of  Oversimplification

Kekeliruan karena menyimpulkan bagian yang sederhana dari sesuatu yang sebenarnya rumit.

Contoh :
  • Setiap tambahan dalam pinjaman adalah riba haram, kemudian berpendapat seluruh produk dan aktifitas perbankan adalah haram seluruhnya, pegawainya juga makan gaji haram, padahal dalam produk perbankan terdapat ratusan bentuk transaksi yang berbeda beda
  • Kucing memiliki kumis, maka semua yang berkumis adalah kucing
  • Gereja memiliki lonceng, maka semua yang berlonceng terafiliasi dengan gereja.
Baca Juga
Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank

5. Fallacy Of Burden Of Proof.

Kekeliruan logika dalam Pembuktian

Contoh : 
  • Pak Sudirman dituduh keturunan china dan PKI, kemudian sang penuduh bilang : coba buktikan kalau kamu bukan keturunan china dan PKI, jika kamu tidak bisa membuktikan, maka tuduhan bahwa kamu China dan PKI adalah benar. dalam kasus seperti ini seharusnya jika sang penuduh menuduh Pak Sudirman keturunan china dan PKI maka sang penuduhlah yang harus menghadirkan buktinya, bukan malah menyuruh yang tertuduh membuktikan bahwa tuduhan itu tidak benar. 
  • Kamu dituduh mencuri, kemdian kamu disuruh membuktikan kalau kamu bukan pencurinya, jika kamu tidak bisa membuktikan, maka kamu benar adalah pencuri. dalam kasus seperti ini seharusnya yang menghadirkan bukti adalah penuduh, bukan malah yang tertuduh disuruh membuuktikan. 

5. Ad Hominem

Menyerang Personal

Contoh :
  • saya berpendapat jika masyarakat dipaksa dirumah terus, ekonomi akan ambruk, orang lain menimpali : kamu sekolah saja nggak lulus kok bicara ekonomi. dalam kasus seperti ini seharusnya yang diserang adalah argumennya, dan bukan orangnya. menyerang orang tanpa meneanggapi argumen adalah bentuk Ad Hominem.
6. Tu Quoque

Merespon Kritikan dengan menuduh si penuduh melakukan kesalahan yang lebih berat

Contoh :
  • seharusnya kamu harus lebih giat belajar, kemudian kamu bilang : kayak kamu paling rajin saja... lha wong kamu juga ndak pernah belajar gitu lho.
7. Special Pleading

Membuat pengecualian saat argumen salah

Contoh :
  • Seorang kepala sekolah bilang : Seorang guru yang baik tidak seharusnya membiarkan kelas yang diajarnya kosong tanpa jam pelajaran, kemudian guru bilang : lha kamu kepala sekolah malah jarang disekolah, kepala sekolah menimpali : kepala sekolah itu sibuk, banyak urusan diluar.

8. Fallacy Of Appeal To Emotion

Kesalahan berpikir karena menyandarkan argumen kepada emosi

Contoh :
  • Wahabi adalah aliran sesat karena saya benci kepada mereka, mereka merasa paling benar sendiri dan menyesatkan kelompok lain. dalam kasus seperti ini jika anda klaim wahabi sesat seharusnya anda hadirkan bukti bukti kesalahan pendapat mereka, bukan karena anda benci kemudian bilang mereka sesat. 
Baca Juga

9. Fallacy Of Appeal To Majority

Kesalahan berpikir karena menyandarkan kebenaran pada suara mayoritas. (hanya karena suara mayoritas, tidak serta merta menjadikannya benar)

contoh : 
  • Dalam fiqih perbandingan pendapat jumhur ulama adalah yang rojih / lebih kuat / benar, padahal dalam beberapa kasus pendapat jumhur ulama tidak cocok diterapkan dalam kondisi tertentu.
  • Dalam debat online, ada sebuah komentar yang di like paling banyak, maka komentar itulah yang paling benar
diatas adalah beberapa kesalahan berpikir yang umum terjadi disekitar kita, jika anda merasa tulisan ini bagus dan bermanfaat, tidakkah anda berpikir untuk membagikan tulisan ini kepada teman teman anda? saya rasa mereka juga akan mendapatkan manfaat serta menyukai tulisan ini, berbagi ilmu dan manfaat tentunya sebuah perbuatan terpuji dan amal jariyah.

saya yakin anda pasti tertarik dengan buku buku yang kami tulis, beberapa buku yang kami tulis bisa dilihat disini -> : Buku Buku Best Seller Kami

Comments

  1. Manfaat sekali ilmunya Ustadz 😇

    ReplyDelete
  2. Masyaallah ustadz, informatif sekali, menyadarkan cara berpikir yang tidak tepat selama ini. Syukron ustadz...

    ReplyDelete
  3. Masya'Allah ustadz, sangat bermanfaat sekali, mengubah pola pikir kita,..

    ReplyDelete
  4. Ilmunya sangat bermanfaat Ustadz

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro