7 Wasiat Untuk Remaja Hebat

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)


PERUBAHAN ITU PASTI
satu satunya hal yang tidak berubah di atas planet ini adalah perubahan
adik adik yang selalu oke, marilah kita amati bersama mulai dari benda benda disekitar kalian, apakah benda benda itu berubah dari waktu ke waktu? Coba itu perhatikan televisi kalian dari yang dahulu sinetron indonesia mengisahkan kisah cinta anak manusia, sekarang dunia persinetronan itu berisi percintaan hewan hewan di kebun binatang mulai dari serigala sampai harimau turut serta eksis disana.

Perhatikan wajah kalian, dari yang dulu bersinar terang imut imut sekarang bertabur jerawat bak roti bertabur chocochips, dan cobalah kalian perhatikan wajah saya ini, dari yang dulu ganteng sekarang berubah menjadi ganteng tak terkira bin luar biasa.

Dahulu kala ketika saya kecil, bermain dilakukan sambil kelompok dengan teman teman se RT dilapangan dengan permainan tradisional yang sangat asik, sekarang bermain dilakukan dengan menatap layar 5 inci bersama orang seluruh dunia, dahulu kala orang orang yang dianggap bodoh adalah yang tidak sekolah, sekarang sebutan itu berubah untuk mereka yang sibuk mencari pokemon, digimon, doraemon, dengan semua saudara sepupunya, sepahanya, seperutnya, sejidatnya dan sepantatnya. :D
Perubahan itu pasti guys..... ;)

Keadaan zaman dimasa dewasamu nanti akan jauh berbeda dengan zaman masa remajamu saat ini, maka jangan pernah berpikir “keren” saat ini “keren” juga di hari nanti!
Ada sebuah kisah menarik yang akan saya ceritakan perihal keluarga saya, dahulu kala dizaman kakek saya masih muda, menjadi petani dengan memiliki sawah berhektar hektar adalah “keren” dimata masyarakat, dan itu yang kakek saya lakukan ketika masa mudanya, menjadi petani dengan memiliki berhektar hektar sawah, secara tidak langsung saya menyebut kakek saya adalah “keren” di zamannya.

Ketika ayah saya lahir dan beranjak dewasa, ayah saya melihat sesuatu yang lain, “keren” untuk ukuran zaman ayah saya bukan lagi menjadi seorang petani meskipun memiliki belasan hektar sawah, ayah saya melihat ada sesuatu yang berubah, yaitu untuk menjadi keren adalah dengan sekolah sampai sarjana, dan menjadi pegawai negeri, karena di zaman ayah saya menjadi pegawai negeri adalah pekerjaan paling terhormat dan termapan. dan itu yang ayah saya kejar, sekolah sampai sarjana hingga menjadi pegawai negeri, maka saya menyebut ayah saya adalah “keren” di zamannya.
Dan saat ini saya terlahir dan beranjak dewasa, saya melihat apa yang sama persis dilihat ayah saya dalam melihat zaman kakek saya, ada perubahan dan pergeseran untuk bisa disebut “keren”, saya melihat seorang pegawai negeri di zaman saya ternyata tidak cukup “keren” karena zaman sekarang ada yang lebih kaya dan lebih terhormat dari pada seorang pegawai negeri, apa itu?? “seseorang yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain”. Dan ini yang sedang saya kejar sekarang!! serta sedikit demi sedikit mulai saya bangun.

Untuk anak saya nanti, saya tidak tahu apa yang bakal disebut “keren” maka saya harus melatih anak saya supaya bisa beradaptasi terhadap suatu perubahan, kalianpun harus begitu, karena “keren saat ini” belum tentu disebut “keren” saat kalian dewasa nanti!!


Coba perhatikan lagi perubahan perubahan zaman berikut ini :
·         Dulu dizaman kakek saya, apabila ingin berhaji daftar di tahun itu akan langsung berangkat juga di tahun yang sama, akan tetapi ketika zaman ayah saya berhaji apabila daftar tahun itu, akan berangkat  6 tahun kemudian, dan sekarang di zaman saya, apabila daftar haji tahun ini (2016) , maka akan berangkat 24 tahun yang akan datang atau berangkat tahun 2040. Dan saya prediksikan nanti di zaman anak saya dan zaman kalian nanti, antrian haji bisa mencapai 50 tahun, dan saat itu terjadi maka rukun islam akan berubah, dari yang berbunyi : “pergi haji bila mampu” akan berubah “mendaftarkan anaknya yang baru lahir untuk haji bila mampu” hehehehe

·         Dahulu keren itu jadi Bupati, sekarang keren itu apabila bisa membiayai seseorang untuk menjadi bupati, karena nanti ketika pemerintahan berjalan bupati hanya berperan sebagai pemain film yang diatur oleh seorang sutradara, siapakah sutradaranya? yaitu mereka yang membiayai calon bupati sampai jadi bupati.
·         Dulu keren itu jualan kerupuk, sekarang keren itu jadi juragannya kerupuk
·         Dulu keren itu jadi dokter, sekarang menjadi seorang dokter status “keren”nya kalah dengan mereka yang memiliki rumah sakit sendiri, karena zaman sekarang dokter sudah banyak, sedangkan dulu dokter masih langka.
·         Dulu keren itu jadi PNS, sekarang keren itu apabila jadi orang yang membangun kantornya PNS.
·         Dulu keren itu jadi guru, sekarang keren itu kalau punya sekolah sendiri

BAHKAN PERUBAHAN JUGA BERLAKU BAGI SLOGAN TERTENTU
Perubahan adalah hal hal yang pasti, dan bahkan itu berlaku untuk aturan atau slogan. Dalam pembahasan kali ini kita akan kupas sebuah slogan yang mulai berubah dan bergeser.
Slogan yang mulai bergeser akibat hukum perubahan adalah sebuah slogan yang dahulu berbunyi : SEMAKIN KERAS KITA BERUSAHA SEMAKIN DEKAT KITA KEPADA KESUKSESAN, sekarang bergeser dan berubah menjadi, KERJA KERAS TANPA DIIRINGI INOVASI AKAN TERGILAS.

Adik adik yang makin keren, cobalah kita tengok zaman beberapa puluh tahun yang lalu, dahulu kala kesuksesan seseorang tergantung dengan kerja keras yang dilakukannya, semakin keras dia bekerja semakin dekat dia kepada kesuksesan, contoh riilnya adalah di kota Bojonegoro, ada seorang pengusaha susu sapi yang memiliki beberapa ekor sapi perah yang sangat sukses, apakah kalian tahu apa yang beliau lakukan? Menurut beberapa sumber yang saya dengar Setiap hari beliau bangun jam 2 pagi untuk sholat tahajjud setelah itu memberi makan sapi sapinya dan mulai memerah susu menjelang subuh, pagi hari susu susu itu sudah siap edar ke pelanggan.

Disaat orang orang terlelap dalam mimpinya, beliau bangun untuk menengadahkan tangannya kepada Allah kemudian bekerja, inilah yang dinamakan kerja keras, atas kerja kerasnya beliau menjadi orang yang terpandang di kotanya.

Dan jangan kaget apabila di zaman sekarang kakak akan mengatakan apabila seseorang hanya mengandalkan kerja keras saja akan kalah dengan yang berINOVASI. Coba perhatikan beberapa contoh berikut :

Nokia dihancurkan oleh black berry dan tak lama kemudian black berry dilumatkan samsung.
Tahun 2005 adalah tahun dimana masa kejayaan Nokia berada di puncaknya, nyaris setiap bulan nokia selalu mengeluarkan model HP terbaru, mulai dari hape berbentuk batang sabun sampai hape yang bisa diputar-putar dan dilempar-lempar, ada sebutan untuk HP fenomenal ini dizamannya yaitu HP sejuta Umat, karena semua orang pasti memiliki HP ini, sedangkan samsung? Dikala itu adalah HP tanpa harga diri (ya iya lah, kan HP bukan orang) dia punyanya harga HP bukan harga diri :D. yang misalkan dibagikan gratis saja tidak ada yang mau (kalau bagi gratisnya ke kucing) J

Coba kalian perhatikan, dengan mengeluarkan model baru setiap bulannya itu tandanya para insinyur di pabrik nokia bekerja sangat keras, dan itu terbukti pada tahun 2007 film fenomenal kala itu Transformers ada HP nokia N90 yang direlakan untuk diubah menjadi robot, bukti bahwa nokia menduduki punjak kejayaannya. Pertanyaannya? Apakah nokia kerja keras? Jawabnya adalah Banget!! Banget!! Dan banget!! Tiap bulan ada HP baru coy.....

Sekitar tahun 2008 Black Berry datang dengan membawa inovasi gebrakan baru, sebuah aplikasi chatting dan internet service yang luar biasa, bisa kirim photo, video, sampai rekaman suara, sebuah inovasi yang mengalahkan nokia dengan segala model modelnya, nokia tergilas karena saat itu orang tak lagi memperhatikan model HP sebagai sebuah kebanggaan, akhirnya nokia dengan segala macam kerja kerasnya harus mengakui Black Berry dengan gebrakan inovasi chatting dan internet servicenya.  

Beberapa tahun kemudian sekitar tahun 2012, black berry dipakasa gulung tikar oleh samsung dengan androidnya, dan yang lebih ironisnya lagi, aplikasi andalan black berrry yaitu BBM yang dahulu sangat eksklusif hanya bisa digunakan oleh pengguna Black Berry, sekarang harus merelakan aplikasi itu digunakan oleh pengguna android maupun i phone, dan sekarang HP Black Berry tidak laku di pasaran, harga secondnya pun masih mahal paket internet dalam sebulan.

Hai adik adik, coba dech kisah diatas direnungkan, nokia dihanacurkan blackberry, tak lama kemudian giliran black berry yang dipaksa gulung tikar oleh samsung dengan androidnya, apakah nokia dan black berry tidak kerja keras? Saya yakin seluruh jajaran insinyur yang ada di pabrik hape mereka sudah kerja “gulung koming” alias kerja keras mati matian, namun mengapa meskipun sudah keras harus dipaksa mengalah juga? Itu karena mereka kalah INOVASI!!

Facebook yang berhasil mencincang Friendster dan My Space.
Dahulu di kisaran tahun 2005, adalah Friendster yang duduk di singgasana raja situs jejaring sosial se asia, di benua lain tepatnya benua amerika dan eropa ada My Space yang duduk sebagai rajanya, kedua situs itu sudah terlalu mapan hingga tidak bisa digoyahkan oleh apapun meskipun itu teriakan seorang cewek yang melengking akibat dilempari coro (kecoa) sebagai hadiah ulang tahun... hehehehe

Friendster sangat menarik, halaman profilenya bisa dibuat berwarna warni, bisa diberi photo, music, video, bahkan animasi yang unik, dilain pihak ada situs lain yang menawarkan download gratis ribuan template friendster, singkat kata Friendster is the best.

Namun memasuki tahun 2009, masyarakat mulai kenal yang namanya Facebook, facebook datang dengan revolusi yang mengagumkan, sebuah inovasi fitur baru yang tidak didapatkan di Friendster maupun My Space, mulai dari fitur tag photo, news feed (kabar berita), munculnya notifikasi (pemberitahuan) setiap kali ada kegiatan di profile facebook kita, dan yang paling phenomenal adalah apabila kita menambahkan komentar, komentar akan langsung muncul di bawah tanpa harus refresh satu halaman penuh, seluruh fitur fitur diatas tidak dimiliki oleh My Space maupun Friendster.

Atas inovasi mengagumkan yang diusung Facebook, lambat laun sedikit demi sedikit pengguna My Space dan Friendster beralih ke Facebook, dan saat ini ketika tulisan ini dibuat My Space dan Friendster sudah tenang di alam baka.... hehehehe

Persis seperti kasus Samsung yang menghancurkan Black Berry dan Nokia, Friednster dan My Space sudah bekerja keras, namun satu lagi pelajaran yang harus dicermati, mereka hanya bekerja keras tanpa berinovasi, dan tatkala ada kompetitor / saingan yang datang dengan inovasi yang mengagumkan, mereka gulung tikar lantas pulang kampung kemudian masuk liang lahat. Ngenes guys, ngenesnya pake banget... jadinya ngenes banget....

Supir taksi konvensional yang dipaksa demo oleh taksi dan ojek online
Tahun 2015 adalah tahun dimana jalan jalan di jakarta mengalami kemacetan parah, penyebabnya adalah para supir taksi demo dengan memarkir taksinya di tengah jalan raya sehingga menghalangi pengguna jalan yang mau lewat, mau tahu apa sebabnya? Mereka menuntut pemerintah melarang beroperasinya sarana transportasi berbasis aplikasi (taksi dan ojek online)

Konon setelah kehadiran taksi dan ojek online, pendapatan supir taksi konvensional menurun drastisss, karena konsumen lebih memilih memesan taksi melalui handphone, singkat, dan cepat, lebih dari itu ternyata tarif taksi online jauh lebih murah dari tarif taksi konvensional.

Kakak pernah menyempatkan wawancara dengan salah satu supir taksi online ini, beliau adalah mantan sopir taksi konvensional yang pindah provesi sebagai supir taksi online, penyebab beliau piindah karena penumpang taksi konvensional menurun jauh, akhirnya beliau keluar dari perusahaan taksi lantas membeli mobil pribadi dengan cara angsuran, dan menjadikan kendaraan itu sebagai taksi online, kata beliau para supir taksi konvensional yang mengikuti jejaknya pindah profesi sebagai taksi online sangatlah banyak, karena ternyata pendapatan supir taksi online lebih banyak dari pendapatan supir taksi konvensional.

Coba dech perhatikan kisah si taksi online ini, dia datang ke Jakarta bukan sebagai siapa siapa, dan tiba tiba bisa menggoyang kemapanan taksi konvensional yang sudah mengakar di Ibu Kota, kalian tahu apa sebabnya? Itu karena Inovasi yang dibawa taksi online memudahkan konsumen untuk memesan taksi meskipun dari balik pintu WC.

Zaman sekarang jangan pernah bekerja keras tanpa dibarengi inovasi
Beragam cerita yang kalian simak di bab ini menyimpulkan bahwa perubahan itu adalah keniscayaan, keadaan berubah, orang orang berubah, cara bermain berubah, cara makan berubah, dan pola pikir kalian harus juga berubah, perubahan ini ternyata juga menjangkau lingkup SLOGAN, sebuah slogan mapan yang berbunyi KERJA KERAS PANGKAL KESUKSESAN dengan perubahan zaman slogan itu juga berubah KERJA KERAS TANPA INOVASI BAKAL TERGILAS.

Ketika kalian membaca tulisan ini, jangan pernah mengira di masa dewasa kalian nanti keadaan dunia akan sama seperti sekarang, ketika kalian memandang sesuatu “keren” saat ini bisa jadi “keren” itu berubah saat kalian dewasa nanti, kalian harus pandai pandai beradaptasi dengan perubahan zaman.
Yang pada akhirnya, meminjam istilah Charles Darwin “Species yang akan bertahan hidup bukanlah yang paling kuat, namun yang bisa beradaptasi dari perubahan alam” selamat menjadi remaja hebat ya adik adik....

Judul    : 7 Wasiat Untuk Remaja Hebat
Penulis : Ahda Elsi
Tebal    : 104 Halaman
Harga   : Rp. 50.000
ISBN    : 978-602- 72560-8-8


Pembelian Bisa Melalui Tokopedia Klik Disini


atau bisa juga menghubungi admin via WA dengan klik tombol dibawah ini

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro