7 Nasehat Untuk Remaja Hebat


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

KITA TERLALU FOKUS BELAJAR “SHOW” DAN LUPA MEMBUAT PANGGUNGNYA
Adik adik yang senantiasa oke dan sehat selalu, kali ini kakak punya inspirasi baru yang jauh lebih menarik dari buku kakak sebelumnya, kali ini dalam buku yang berjudul 7 nasihat untuk remaja hebat, kakak akan beberkan satu persatu kesalahan berpikir masyarakat kita yang sangat sering kita jumpai, kesalahan berpikir ini jika tidak ditanggulangi dari sekarang akan mengakibatkan kelambatan perkembangan negeri kita tercinta Indonesia, so kalian beruntung membaca buku ini, karena buku ini akan mengubah pola pikir kalian yang dulunya biasa biasa saja hingga akhirnya menjadi sesuatu yang luar biasa. Sudah siapp untuk berubah adik adik???

Heh adik adik, kakak punya pertanyaan, pertanyaannya gini, pernahkah adik adik bertanya kepada diri kalian sendiri? Atau bertanya kepada orang lain? Kepada orang tua kalian misalnya, atau kakak kalian, atau pakde, bude, atau kepada calon mertua tetangga? Atau bahkan bertanya kepada rumput yang bergoyang? Pertanyaannya mengapa sangat banyak orang orang yang hebat dalam bidang tertentu sewaktu di sekolah, akan tetapi ketika mereka dewasa mereka hanya menjadi orang orang yang biasa biasa saja, tidak ada kehebatan sama sekali yang tampak pada diri mereka?

Coba bayangkan misalkan kalian memiliki suara emas, atau kalau ndak gitu suara perak ndak papa lah, jelek jeleknya suara perunggu, asal jangan suara besi karatan ajah. apa yang akan kalian lakukan untuk menjadi penyanyi top? Kakak yakin 100 persen pasti jalan yang ditempuh adalah dengan mengikuti kontes menyanyi, ajang pencarian bakat, lomba tarik suara, lomba tarik tambang dan saudara saudaranya, loh ini ngapain kok nyasar ke tarik tambang segala?

Jika itu jawaban kalian, maka cara yang kalian tempuh untuk mencapai cita cita sangat bergantung kepada nasib dan bukan kerja keras, mengapa? Karena KALIAN TERLALU MENGANDALKAN PANGGUNG ORANG LAIN UNTUK TAMPIL, ketika panggung itu penuh kalian tidak akan kebagian tempat manggung, ataupun ketika panggung itu kosong tapi pemilik panggung adalah ayahnya pacar kalian yang sukanya makan beng beng dingin sementara kalian sukanya makan beng beng langsung, ya jangan harap akan manggung ya adik adik, atau kalian memang hebat tapi panggung malah diberikan kepada mereka yang levelnya dibawah kalian hanya karena pemilik panggung adalah mbahnya yang mau tampil, jika suatu saat nanti kalian mengalami itu kalian akan merasa bahwa kehebatan show yang kalian miliki menjadi “useless” tak berguna, tak laku, lantaran tak kebagian tempat manggung.

Kisah nyatanya datang dari ajang pencarian bakat yang sangat populer di jamannya yaitu AFI (Akademi Fantasi Indosiar) Jawara AFI pertama bernama Veri Affandi berhasil menjadi pemenang ajang pencarian bakat menyanyi yang sangat populer saat itu, berhasil mengalahkan ribuan pesaingnya, menjadi artis seketika, seluruh koran, majalah, tabloid penuh dengan foto fotonya, pokoknya heboh banget deh, jadi intinya si veri ini jadi artis top markotop dan yang lebih penting ada bangetnya juga lho.... jadi top markotop banget!!

Pertanyaannya? Apakah kalian pernah dengar artis namanya veri affandi? Atau minimal tahu lagu apa yang dinyanyikannya? Apakah pernah kalian lihat berita di infotainment yang membahas tentang veri? Tidak pernah dengar kan? Mengapa kalian tidak pernah dengar? Itu karena si veri ini sekarang lagi jualan nasi goreng di salah satu ruko di jakarta!! You say what?? Yes men.... si veri banting stir dari artis menjadi pengusaha nasi goreng!! Dan lebih gilanya lagi ternyata ndak hanya dia yang jualan nasgor, filanis AFI berikutnya yaitu pasha, (bukan pasha ungu lho ya) ikut jualan mie goreng di samping lapaknya si veri!!.... ckckckck..... masih ndak percaya? Ini kakak berikan beritanya yang pernah di muat di jawa pos





Jualan nasi goreng dan mie goreng menurut kakak tidaklah terlalu buruk, apalagi jualannnya di ruko berkelas yang harga sewanya puluhan juta rupiah pertahunnya, yang kakak tekankan disini bukan jualannya lho ya.... akan tetapi banting stirnya dari artis menjadi pengusaha restoran. Mengapa Veri dan Pasha tidak melanjutkan karirnya di dunia per artisan yang penuh dengan kebiasaan kawin selingkuh cerai kawin lagi selingkuh lagi dan cerai lagi lalu kawin lagi? malah memilih jualan nasi goreng dan mie goreng? Jawabannya adalah karena veri dan pasha sadar jika mereka TERLALU MENGANDALKAN PANGGUNG ORANG LAIN UNTUK TAMPIL ketika mereka tak kebagian panggung untuk tampil akhirnya mereka memilih pergi dari jagad tarik suara dan banting stir menekuni usaha kuliner, dalam hal ini memilih berjualan nasi goreng dan mie goreng.

Renugan dari cerita diatas
Adik adik marilah coba kita renungkan cerita diatas dan marilah kita petik hikmahnya, sehebat apapun orang yang memiliki kemampuan untuk SHOW apabila terlalu mengandalkan panggung orang lain untuk tampil maka suatu saat jika tidak kebagian panggung orang itu akan ngenes, nelangsa, menanis, merenungi nasib, sakitnya hatinya lebih perih dari ditolak cewek 1000 kali, itu padahal sang pemenang lho.... lantas bagaimana nasib yang kalah? Sudah kalah bergantung panggung orang lain untuk tampil lagi? Saya harap mereka tidak berakhir menjadi musisi jalanan (baca : pengamen)

Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, hampir seluruh instansi pendidikan yang ada di negara kita tercinta hanya berfokus kepada mengajari peserta didiknya untuk SHOW, hampir tidak ada pelajaran yang membahas bagaimana cara membuat panggungnya. Contohnya? Buwanyak.... kalian akan sering mendengar nasihat untuk belajar yang rajin, supaya apa? Supaya pintar dan jadi dokter. Ingat seorang dokterpun membutuhkan panggung berupa rumah sakit, jika panggung ini tidak dibuat, dia harus saingan sikut sana sikut sini untuk bisa naik ke sebuah panggung bernama rumah sakit.
Ketika kalian mengikuti ekstrakurikuler lukis kalian hanya fokus diajari bagaimana cara membuat lukisan yang keren, tapi apakah pernah kalian diajari bagaimana cara supaya lukisan ini laku terjual? Kalian ikut les musik, dan di les musik ini kalian hanya diajari bagaimana memetik senar gitar yang benar, apakah pernah kalian diajari bagaimana caranya mengadakan event yang kalian akan tampil diatas panggung yang acaranya kalian adakan sendiri? Ini merupakan bukti jika SELAMA INI KITA HANYA FOKUS BELAJAR SHOW DAN LUPA BELAJAR MEMBUAT PANGGUNGNYA!!
Cara membuat panggung sendiri
Lantas bagaimana kak caranya membuat panggung sendiri? Apakah kita harus belajar dulu ke tukang kayu dan tukang las supaya panggung kita kuat? Eits bukan panggung itu yang kakak maksud adik adik, panggung yang kakak maksud adalah acara yang kita buat sendiri, atau tempat berkarya yang kita buat sendiri, berikut ini akan kakak berikan contoh pembuatan panggung dari kemampuan show yang sudah kalian miliki.

Contoh pertama adalah kisah panggung yang kakak bangun sendiri bernama “abda publisher” (penerbit dan percetakan) ketika kakak dulu belajar di mesir kakak mulai menulis sebuah buku yang berjudul “jawaban tuduhan tuduhan negatif seputar tahlilan” buku ini kakak selesaikan di mesir dan ketika pulang kakak bawa file mentahan buku ini, kalian tahu apa yang kakak lakukan setiba di Indonesia? Kakak mencari penerbit yang mau menerbitkan buku kakak ini, setelah kirim teks sana sini ke berbagai macam penerbit teks buku kakak tidak ada yang diterima oleh mereka. Akhirnya terbesit di benak kakak, mengapa tidak membuat penerbit sendiri sekaligus percetakannya? Dengan ter tatih tatih dan dengan kemampuan seadanya penerbitan sekaligus percetakan ini berhasil kakak bangun hingga diakui oleh perpustakaan nasional republik indonesia dan berhak mendapatkan ISBN dari buku buku yang diterbitkan.

Setelah penerbitan ini terbangun kakak mulai terbitkan sendiri buku yang ditolak oleh banyak penerbit itu, kalian tahu bagaimana hasilnya? Buku yang pernah ditolak kesana kemari itu sampai sekarang laku ribuan eksemplar, dan sampai sekarang telah menerbitkan lebih dari 30 buku ber ISBN dari berbagai penulis di Bojonegoro, Apa yang terjadi seandainya penerbit dan percetakan ini tidak pernah kakak bangun sebelumnya? Mungkin buku itu tidak akan pernah terbit selamanya, tidak hanya itu buku inipun yang sedang kalian baca mungkin tidak akan pernah tercipta jika kakak terlalu mengandalkan penerbitan orang lain untuk menulis.

cara membuat panggung untuk si jago gambar
Kakak sangat menyarankan apabila kalian jago gambar, jago lukis, jago coret coret tembok tetangga, saran kakak cobalah lukis sketsa wajah teman atau wajah guru kalian diatas kaos polos, bisa berwarna ataupun hitam putih, pertama berikan kaos itu gratis kepada teman atau guru kalian yang kalian sukai, setelahnya jika memang lukisan itu bagus pasti akan banyak yang pesan kepada kalian berikan harga murah terlebih dahulu, setelah mulai banyak gambar sketsa yang telah kalian selesaikan di kaos kaos pesanan itu, jangan lupa tiap tiap kaos itu di foto, lalu masukkan ke facebook dan buat fan pagenya atau sebar di group group tertentu, dijamin kalian akan kebanjiran pesanan, jika peminat semakin banyak maka naikkan harganya, tak lama kakak yakin kalian akan bisa membeli sebuah motor sport semacam ninja untuk digunakan sekolah hasil jerih payah kalian sendiri. Setelah itu bebas kalian akan kembangkan panggung kalian ini menjadi apa.

Itu lebih baik daripada kalian hanya ikut lomba menggambar tingkat kabupaten ataupun propinsi dan kalian cukup berbangga menjadi pemenangnya dengan hadiah selembar kertas piagam yang dijualpun tidak laku.

Cara membuat panggung untuk si jago nyanyi dan main musik
Apabila kalian memiliki suara emas, cobalah ajak teman kalian yang jago gitar atau jago maen keybord, atau jago niup seruling dan terompet atau jago niup balon, untuk membuat group band kalian sendiri, setelah itu silahkan lakukan rekaman beberapa lagu yang kalian bisa, setelah itu upload rekaman itu di youtube, dan buatlah fan page facebook bahwa kalian adalah group band yang siap mengisi acara pernikahan, acara sunatan, acara kondangan, acara lamaran, acara perceraian, atau acara pemakaman (what??)  dengan harga yang miring, selain itu hubungilah tukang rias pengantin, tukang gali kubur, dan titpkan brosur kalian disana supaya ketika ada yang butuh rias pengantin atau rias mayat akan menemukan brosur kalian dan siapa tahu tertarik menggunakan band kalian di acara mantenannya, atau di acara pemakamannya, dan ingat setiap kali tampil harus direkam dan upload di youtube supaya orang tahu kalau sudah ada yang pernah memakai jasa kalian sebelumnya.

Setelah kalian diundang beberapa kali dan mulai dikenal banyak orang naikkan harga kalian dengan harga standard di kota kalian, ketika band kalian mulai dikenal banyak orang buatlah event special seperti lomba band memperingati tumbuhnya jerawat ke 100 di wajah mantan kalian, lomba makan kerupuk, lomba makan cabai rawit, lomba kontes orang jelek se kabupaten dan menghadirkan orang penting sebagai bintang tamunya, tak lama band kalian akan mulai dikenal dan selanjutnya terserah kalian mau dibawa kemana group band kalian ini, mau dibawa konser ke planet mars pun tak masalah.

cara membuat panggung untuk si jago tulis
Buat penerbit dan percetakan kalian sendiri! Jika masih belum punya cukup uang untuk beli alat cetak ya cetakkan dulu di percetakan orang lain, dan bagaimana cara mendaftar penerbit? Gampang tanya sana mbah gugel akan dijelaskan sangat detail disana, akan ada kepuasan batin yang luar biasa apabila karya yang kalian tulis diterbitkan oleh penerbit yang kalian buat sendiri.

saran untuk mereka yang jago maen bola
Buat klub sepak bola kalian sendiri, rekrut teman teman kalian yang juga jago untuk membentuk klub sepak bola kalian, pertama tama ikut pertandingan lokal, atau kabupaten, jika klub kalian memang bagus pasti kalian bisa naik untuk pertandingan ke level yang lebih tinggi, di kasta yang lebih tinggi jika memang klub kalian bagus dan sering menang pasti akan banyak sponsor yang mau membiayai klub kalian, dari situ kalian akan mendapatkan pemasukan, dan jika ternyata prestasi kalian meningkat cobalah itu diurus bagaimana cara ikut berlaga di liga tertinggi sepak bola indonesia, buat stadionnya dan jika klub kalian menang liga indonesia klub kalian akan berhak mengikuti liga champion asia, dan jika menang akan bertanding di kejuaraan piala dunia antar klub, tak menutup kemungkinan klub kalian akan bertemu dengan real madrid atau barcelona di sana. Saat itulah seluruh dunia melirik klub kalian dan kalianpun bisa mandi uang kapan saja. Terdengar mimpi? Coba baca lagi buku saya sebelumnya bab bercita cita besar!!!

Jawaban jika ada yang melarang membuat panggung di usia sekolah
Yang menjadi masalah adalah ketika kalian membuat panggung dan saat usia kalian masih usia sekolah ada yang menasehati seperti ini: “kamu itu masih sekolah kok ngadain kegiatan yang aneh aneh, belajar sana jangan maen terus” saran saya cobalah memberi pengertian kepada beliau dengan kata bijak bahwa yang kalian lakukan adalah belajar, Belajar apa? Belajar buat panggung yang tidak diajarkan di sekolah, Atapun kalau kalian belum sanggup memberikan pengertian berikan saja buku ini supaya dibaca semoga beliau memahami bahwa belajar membuat panggung itu ternyata lebih penting daripada belajar show, sebagaimana diketahui bersama di sekolah kita hanya belajar show tanpa diajari membuat panggungnya.

Membuat panggung itu sulit
Adik adik, di paragraf sebelumnya cara membuat panggung kakak ceritakan dengan sangat singkat, jika kalian membaca kalian pasti akan mengira bahwa membuat panggung itu semudah tulisan yang kakak ulas di paragraf diatas, jangan lengah ya adik adik, paragraf diatas hanyalah ilustrasi singkat contoh pembuatan panggung. di dunia nyata PROSES PEMBUATAN PANGGUNG ITU SANGATLAH SULIT, SAYA ULANGI SEKALI LAGI SANGATLAH SULIT, DAN SELALU MELESET DARI APA YANG KITA PREDIKSIKAN DI ATAS KERTAS, jadi apabila kalian mencoba membuat panggung kemudian gagal di awal langkah lalu kalian berhenti dengan alasan tidak sesuai rencana yang telah disusun dan di prediksi maka yang kalian lakukan adalah kesalahan fatal, panggung yang kalian idam idamkan tidak akan pernah terbangun.

Dalam proses pembuatan panggung PASTI AKAN TIMBUL MASALAH BARU YANG MUNCUL, DAN ITU HARUS DIHADAPI, karena kalau masalah timbul dan tidak dihadapi maka kalian gagal dan ujung ujungnya akan mengandalkan panggung orang lain untuk tampil, sebagai contoh apabila kalian mencoba membuat group band sendiri kalian akan menemukan beragam masalah, mulai dari ndak punya keyboard lah, atau ketika sudah ada keyboard tapi tangan pemainnya keseleo, atau kalau ndak gitu pas ketika kalian akan tampil mulut kalian sariawan lah, kameranya jelek lah, koneksi internet lemot lah dan lain sebagainya, apabila kalian menghadapi masalah masalah kecil ini dan kalian berhenti maka saran saya berhentilah juga untuk bermimpi memiliki panggung sendiri.

Prediksi yang tidak sesuai rencana juga akan banyak menghadang, semisal ketika kalian sudah rekaman dan sudah upload video serta sudah tebar brosur dan tebar pesona kesana kemari mulai dari tukang rias pengantin sampai tukang gali kubur, tapi belum ada yang tertarik dengan band kalian, saran saya jangan berhenti dan teruslah promosi sampai kalian mendapatkan job, atur ulang strategi mungkin tarif kalian masih terlalu mahal, atau mungkin gitarisnya kurang ganteng, dan lain sebagainya Karena ketika kalian berhenti maka sia sia apa yang kalian usahakan selama ini, kegagalan yang sesungguhnya adalah kalian berhenti mencoba.

Bagaimana? Masih berminat membuat panggung sendiri meskipun itu sulit?, tidak sesuai prediksi?, akan banyak masalah baru yang timbul? Jika kalian masih berminat itu tandanya kalian memiliki jiwa jiwa pemenang yang nantinya kalian akan menampung ribuan penduduk Indonesia untuk tampil diatas panggung yang kalian buat, namun jika kalian tidak berminat saran saya selamat berdesak desakan dengan jutaan warga indonesia lain untuk berebut panggung yang memang jumlahnya terbatas. Jika tidak kebagian silahkan nangis, silahkan curhat di facebook, dan jika itu terjadi kalian akan tahu bahwa ternyata selama ini kalian adalah seorang pecundang.

Judul    : 7 Nasehat Untuk Remaja Hebat
Penulis : Ahda Elsi
Tebal    : 104 Halaman
ISBN    : 978-602-72560-7-1
Harga    : Rp. 50.000

Pembelian Bisa Melalui Tokopedia Klik Disini

atau bisa juga menghubungi admin via WA dengan klik tombol dibawah ini

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro