7 Sifat Remaja Hebat

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

Judul    : 7 Sifat Remaja Hebat
Penulis : Ahda Elsi
Tebal    : 104 Halaman
ISBN    : 978-602-72560-5-7
Harga    : Rp. 50.000


SELAIN BENAR DAN SALAH , ADA JUGA BENAR DAN BENAR, SERTA BENAR DAN LEBIH BENAR.
Adik adik kakak punya informasi yang jarang diketahui orang, informasi ini tidak akan didapati di buku manapun, di ceramah manapun, acara tivi apapun, warung makan manapun, jalan manapun, loh kok nyasar sampai jalan dan warung makan apa hubungannya? Hehehe Informasi spesial yang hanya di dapat di buku ini adalah “BIANG KELADI SEGALA PERTIKAIAN DI MUKA BUMI INI KARENA SEBAGIAN BESAR MANUSIA BERPIKIR BILA ADA 2 HAL YANG SALING BERTENTANGAN SALAH SATU PASTI BENAR DAN SATUNYA LAGI PASTI SALAH”, tidak ada yang berpikir kedua duanya sama sama benar, atau satu benar yang satunya lagi lebih benar.

Heh adik adik, kalian ingat nggak waktu UTS (ujian tidak serius ujian tengah semester) atau waktu UAS (ujian agak serius ujian akhir semester) hehehehe, itu kertas LJK yang sudah kalian urek urek ketika di scan di komputer kan hanya ada 2 kemungkinan, kalau ndak benar ya pasti salah betul ndak? dari semenjak SD sampai perguruan Tinggi sistem mengerjakan soal ya pasti hanya 2 opsi yang ada yaitu benar dan salah, kalau ndak benar ya salah.

Saking lamanya sistem ini diterapkan di Indonesia secara tidak langsung masyarakat kita hanya memiliki 2 opsi dalam menilai permasalahan. KALAU NDAK BENAR YA SALAH. maka dari pada itu apabila ada bakul gedang goreng perang dengan bakul pentol memperebutkan spatulanya spongebob, pikiran kalian langsung bekerja dengan sebuah pertanyaan mana yang benar? Mana yang salah? ketika ada yang bilang keduanya sama sama benar, kalian langsung menganggap ini sebagai hal aneh, sangat aneh, seaneh captain america mengenakan costumnya cat woman, hehehehe

Coba deh itu kalian tengok keadaan sekitar, itu orang muhammadiyah saling ejek dengan orang orang NU masalah tahlilan itu apa sebabnya? Kalian tahu apa sebabnya? Itu karena orang NU dan Muhammadiyah terlalu banyak urek urek LJK!!.... hehehehe di LJK kan cuman ada salah dan benar, ndak ada benar dan benar, atau benar dan lebih benar, tul gak?? Padahal dalam permasalahan tahlilan antara orang orang NU dan Muhammadiyah SAMA SAMA BENAR!! TIDAK ADA YANG SALAH, terdengar aneh kan?, tapi kenyataanya dunia ini diciptakan Tuhan sperti itu gaes...!! tuch kan terdengar aneh jika tadi kakak bilang keduanya sama sama benar, persis seperti captain america mengenakan costumnya cat women, sangat aneh. Tapi ini yang perlu kalian camkan baik baik di kepala kalian SELAIN BENAR DAN SALAH, DI DUNIA INI JUGA ADA BENAR DAN BENAR
Masih ndak percaya jika ada dua permasalahan yang bertentangan dan sama sama benar? Baiklah coba perhatikan gambar berikut :


gambar diatas ada sebuah tabung silinder, kemudian muncul pertanyaan : “apabila tabung silinder ini terkena cahaya, bayangan apakah yang akan terbentuk?”
Si A Menjawab : Persegi panjang
Si B Menjawab : Lingkaran

Coba kalian perhatikan, antara persegi panjang dan lingkaran itu beda apa sama? Anak SD pun tahu jika persegi panjang dan Lingkaran itu beda jauh, sama seperti api dan es, jauh bedanya. Namun ternyata meskipun kedua jawaban si A dan si B berbeda, KEDUA DUANYA SAMA SAMA BENAR!! Bagaimana adik adik? Jadi mulai dari sekarang ayo bongkar pola pikir kalian yang terlalu banyak urek urek LJK itu!! Bongkar dari sekarang dan gatilah dengan sesuatu yang cocok untuk abad 21, yaitu selain benar dan salah, ternyata ada juga benar dan benar!! Supaya dunia ini lebih damai, hehehehe

Selain gambar yang menjelaskan ada dua permasalahan yang saling bertentangan ternyata sama sama benar, disini akan kakak berikan ilustrasi cerita yang mengisahkan kedua permasalahan yang saling bertentangan satu sama lain namun keduanya sama sama benar, coba perhatikan baik baik contoh contoh berikut:

Misalkan saya mengajar di 2 sekolah berbeda, hari senin selasa dan rabu saya mengajar di SMA 25 Bojonegoro, sedangkan hari kamis jumat dan sabtu saya mengajar di SMA 99 Kalitidu. Saat mengajar di SMA 25 Bojonegoro saya menggunakan sepeda motor, akan tetapi ketika saya mengajar di SMA 99 Kalitidu saya menggunakan mobil, disaat hari raya idul fitri anak anak dari SMA 99 Kalitidu dan SMA 25 Bojonegoro sepakat untuk kerumah saya bersama sama, setibanya mereka di depan rumah saya, mereka mendapati sepeda motor saya tidak ada di teras rumah namun mobil masih di teras rumah. Mereka berselisih paham mengenai keberadaan saya di rumah, anak anak dari SMA 25 Bojonegoro berpendapat saya tidak ada dirumah, alasanya sepeda motor saya ndak ada. Sementara itu anak anak dari SMA Kalitidu berpendapat saya ada di rumah alasannya mobil saya masih dirumah. Sewaktu mereka hendak mengetuk pintu tiba tiba mereka terkejut mendapat kabar jika sekolah mereka diserang negara api (kayak cerita Naruto saja)..... hahahaha..... (fiksi men.... ingat cerita ini Cuma contoh) akhirnya mereka harus menjalankan tugas sekolah untuk menyelamatkan sekolah mereka dari negara api yang menyerang.

Dari cerita fiksi diatas manakah yang benar anak anak dari SMA 25 Bojonegoro atau anak anak dari SMA 99 Kalitidu? Jawabannya SAMA SAMA BENAR NAK!! Mereka sama sama memliki bukti tetang ketidakberadaan saya di rumah..!!

Contoh lain tentang sama sama benar sangatlah banyak adik adik....

Ada soal disuruh menggambar mobil, Si A Menggambar Avanza, Si B Menggambar Truk, mana yang benar dan mana yang salah? KEDUA DUANYA SAMA SAMA BENAR
Ditanya tentang tempat tinggal, si A menjawab di rumah orang tua, si B menjawab di jalan mantab jaya no 55 Bojonegoro. KEDUANYA SAMA SAMA BENAR
Ditanya tentang baju apa yang dipakai, si A menjawab Baju Koko, si B menjawab Busana Muslim. KEDUANYA SAMA SAMA BENAR
Ditanya tentang apa warna zebra? Si A menjawab hitam belang putih, si B menjawab putih belang hitam, KEDUANYA SAMA SAMA BENAR
Kalian bertanya kepada kalian sendiri apakah sarinah menyukai saya? Kalau pertanyaan ini tanyalah kepada rumput yang bergoyang..... hehehehe....
Tuch kan ternyata buwanyak banget contoh contoh 2 hal yang berbeda tapi sama sama benar.

Memahami jika perbedaan itu sebuah keniscayaan
Adik adik yang makin ganteng karena membaca buku ini.... hehehehe berbicara masalah perbedaan kakak ingin berpesan kepada kalian, DARI SEBUAH PERBEDAAN SERING TIMBUL SEBUAH PERSELISIHAN, INI WAJAR!!, NAMUN JANGAN JADIKAN PERSELISIHAN MENJADI SEBUAH PERTIKAIAN.

Bagaimanakah caranya supaya perselisihan tidak menjadi sebuah pertikaian?? Caranya gampang adik adik, yaitu dengan membongkar pola pikir dari benar dan salah menjadi benar dan benar, jika sudah seperti itu pasti kita akan menghargai sebuah perbedaan yang timbul dalam sebuah masyarakat, KEDAMAIANPUN AKAN TERCIPTA JIKA KITA MENERAPKAN POLA PIKIR BENAR DAN BENAR!! BUKAN BENAR DAN SALAH!!

Adik adik kalian masih ingat apa ndak dengan tori fisika?... bunyi ada karena ada getaran, dan getaran ada karena ada gerakan. Bunyi disini kita ibaratkan sebuah pertikaian yang disebabkan karena ada sesuatu yang bergerak, nah coba sekarang kalian pikir kalian ini makhluk hidup apa benda mati? Hehehehe.... ya pasti makhluk hidup lah kak.... oke kalau kalian makhluk hidup berarti ingat donk salah satu ciri makhluk hidup pasti begerak.... tul gak? Jadi gini ya adik adik.... apabila kalian bergerak maka akan sangat rawan timbul yang namanya perselisihan, kalian harus paham itu, dimanapun kalian tinggal pasti ada ketidak cocokan dan perselisihan dengan salah satu teman kalian, tul gak? Itu betul adik adik, dan itu wajar!! Ndak peduli kalian mau pindah kelas baru gara gara di kelas kalian sekarang ada yang nyebelin banget, pasti di kelas baru tempat kalian tinggal juga ada orang yang nyebelin. Dan ini terjadi dimanapun kalian akan tinggal, meskipun itu tinggal di planet mars sana pasti kalian akan berselisih dengan para alien yang tinggal disana. Hehehe. Terus bagaiana donk kak supaya kita tidak berselisih? Gampang jadilah benda mati adik adik!! Hahahaha....

Kalian harus paham jika PERSELISIHAN ITU WAJAR DAN SERING TERJADI KARENA KITA MAKHLUK HIDUP DAN BERGERAK.  Dengan menerapkan pola pikir BENAR DAN BENAR, maka kita bisa meredam perselisihan supaya tidak membesar menjadi sebuah pertikaian. Semoga makin hebat ya kalian setelah membaca buku ini.... hehehehe

Tidak menghabiskan energi untuk membenci orang
Adik adik bila perselisihan terjadi, meskipun itu belum merembet dan membesar menjadi sebuah pertikaian, saran kakak JANGAN HABISKAN ENERGI KALIAN UNTUK MEMBENCI, mayoritas kebanyakan orang adalah apabila ada orang yang berbeda denganya dia akan mencari jalan keluar dengan membenci, asal kalian tahu membenci ini tidak akan berefek apapun terhadap orang yang kita benci, tapi sangat berpengaruh besar dengan kita yang membenci, jadi misalnya gini

Si Paijo senang sekali makan beng beng secara langsung, namun ternyata si painem sukanya dimakan dingin,  atas perbedaan ini si paijo sangat benci terhadap si painem, saking bencinya si paijo terhadap si painem, paijo ini bersumpah untuk tidak akan melewati jalan yang sudah dilalui paninem dan tidak mau menghirup udara bekas hirupan painem, hingga akhirnya paijo tidak bisa kemana mana karena setiap lorong di kota tempat tinggal paijo sudah pernah dilalui si painem, secara painem sales obat tikus gitu loh... untuk menawarkan produknya painem sudah jelajahi segala lorong dan gang yang ada di kota bahkan itu lorong tikus sekalipun. Terpaksa paijo harus berdiam diri bersemedi di dalam rumah, tidak hanya itu celakanya paijo memaksa dirinya harus berhenti bernafas lantaran udara yang masuk ke kamarnya adalah dari kamarnya si painem. Sudah bisa ditebak paijo harus meminta maaf kepada painem nanti di akhirat karena paijo terlanjur berhenti bernafas selamanya alias mati.

Dari cerita diatas kakak bertanya.... siapa yang membenci? Paijo kak! Dan siapa yang dibenci? Si painem kak!. Yang dibenci apa kerugiannya? Tidak ada kak... bahkan bisa tetap pergi kemanapun dan menghirup udara apapun. Terus yang membenci apa kerugiannya? Ko’it kak alias mati dan sekarang udah dimakan cacing di dalam kuburan

Tuch kan adik adik, apapun yang terjadi jangan membenci orang lain dech, rugi 1000 kali, kalian dipaksa harus memikirkan orang yang kalian benci sementara orang yang kalian benci tidak akan peduli terhadap kalian. Jadi sakitnya mirip mirip cinta bertepuk sebelah tangan gitu lah.... bagaimana kak caranya supaya kita berhenti membenci terhadap orang lain? Dengan menerapkan pola pikir SAYA BENAR, DIA JUGA BENAR

adik adik yang sekarang makin tambah ganteng dan cantik hehehehe... perselisihan di dalam suatu kelompok itu biasa adik adik, jangan diambil pusing, itu wajar karena manusia bergerak. Jadi kalau kita perhatikan baik baik lingkungan sekitar kita kenapa ada sikap saling serang antar satu kelompok dengan satu kelompok lain? Itu karena mereka sama sama bergerak, dan ketika bergerak mereka terpaksa harus berbeda, celakanya mereka yang belum pernah membaca buku ini menyikapi perbedaan dengan perselisihan dan pertikaian. Akhirnya perang dech..... coba kalau mereka berbeda dan keduanya memahami kita SAMA SAMA BENAR, pasti mereka saling menghargai dan dunia ini akan berputar dengan indahnya tanpa adanya pertikaian.

Meskipun bergerak itu bisa menimbulkan perbedaan dan perselisihan. Tapi bergerak itu wajib
Dari tulisan diatas kita bisa menarik sedikit kesimpulan.... awal mula adanya pertikaian karena ada perselisihan, ada perselisihan karena ada gerakan, BERARTI GERAKAN ADALAH BIANG KELADI PERTIKAIAN!! Eits.... jangan sampai ada yang berpikiran seperti ini ya adik adik, cara berpikir seperti ini adalah cara berpikir yang sangat tidak kami rekomendasikan, ini sama halnya dengan cara membasmi tikus di rumah adalah dengan membakar rumah seisinya, jangan adik adik ya....

Mengapa kakak katakan demikian? Karena dalam sebuah gerakan ada keberkahan, siapa saja yang mau bergerak dialah yang akan dapat berkah nantinya, dan kalau ternyata di dalam gerakan menimbulkan gesekan dan perselisihan, itu wajar, dan jangan sampai perselisihan ini dibesar besarkan menjadi sebuah pertikaian? Bagaimana caranya? Dengan berpikir SAYA BENAR DIA JUGA BENAR sehingga saling menghargai pendapat


Pembelian Bisa Melalui Tokopedia Klik Disini


atau bisa juga menghubungi admin via WA dengan klik tombol dibawah ini

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro