7 Cokelat Lezat Untuk Remaja Hebat

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)


UANG

Adik adik yang makin oke, makin kece, makin rame, makin pede, makin hore, suka makan ote ote sore sore, tidak kere tidak pula matre, kali ini akan kita akan membahas tentang sesuatu yang sangat krusial di muka bumi ini, ssesuatu yang tidak bisa dimakan namun bisa digunakan untuk beli makanan, sesuatu yang tidak bisa ditumpangi, namun bisa membeli kendaraan untuk kita tumpangi, sesuatu yang tidak membuat kita bahagia namun bisa membeli segebog bunga mawar untuk kita berikan kepada orang yang kita sayangi supaya bahagia.

Apalagi kalau bukan UANG!!. Yach uang adik adik, banyak yang berpendapat bahwa uang adalah akar dari semua kejahatan, banyak pula yang berpendapat bahwa uang adalah malapetaka dunia, ada yang berpendapat pula semakin banyak uang semakin besar tanggungjawab yang kita tanggung di akhirat kelak!!

Dalam bab ini kakak akan mencoba mengulas dan mengupas sisi tak kasat mata mengenai persepsi manusia tentang uang, sebuah sisi yang tidak disadari oleh mayoritas manusia, sebuah sisi yang sangat tabu untuk diungkap, setabu mengungkap prosesi belah duren malam pertama sepasang penganten baru, tapi disini akan kalian dapatkan dengan sangat menyengat, seperti sengatan bau kentut di dalam septic tank (sapiteng –pembuangan akhir tinja-) dari orang yang makan jengkol busuk.

1.       Dalam hubungan apapun, kasih sayang tidaklah cukup tanpa kasih uang

Adik adik coba bayangkan ketika kalian nanti menikah, pasti kalian sangat sayang kan ama istri / suami kalian? nah apa yang terjadi ketika kalian mengucap : mama!! papa lho sayang banget ama mama.... dan yayank mu menjawab : mama juga sayank banget ama papa, ayo pa kita rayakan malam kasih sayang kita di warung bakso genderuwo!! Sambil garuk garuk kepala kalian bilang : “ ma!! papa gak punya uang ma....” teng tong... !! klonteng klonteng!! Sang istri senyum kecut sambil bilang :  aseek akhirnya makan makan di warung ‘cap sayang’ nich....

Atau suatu ketika dalam malam yang dingin disertai hujan lebat petir menyambar bersahut sahutan dengan dahsyatnya, tiba tiba anak kalian yang masih bayi nangis kemudian istri bilang :”papa!! Ini si adek nangis terus kayaknya minta susu, susunya sudah habis pa... tolong belikan susu di indomaret yach pa!!, sambil garuk garuk udel kalian bilang : mama!! Papa nggak punya uang ma...!!  teng tong..!! klonteng klonteng!! Senyum kecut lagi sambil bilang ke bayinya: “dedek gak boleh nangis ya... kan udah dikasih susu ‘cap sayang’ ama papa.... !!”

Ketika anak kalian sudah besar dan waktunya sekolah, istri tercinta bilang : “papa!! Adek udah waktunya sekolah pa!! Besok kita daftarkan sekolah ya pa!!” sambil garuk garuk pantat kalian bilang :”mama... papa gak punya uang ma..... !!” teng tong...!! klonteng klonteng!! Senyum pedas sambil bilang ke anak: “nak kamu belajar yang pintar ya... kan sudah disekolahin di sekolah ‘cap sayang’ ama papa kamu...!!

Apakah uang dalam 3 kasus diatas bisa menggantikan warung cap sayang? Atau susu cap sayang? Dan sekolah cap sayang??? Jika kamu hanya mengandalkan sayang, maka bisa jadi kamu diberi label sebagai ‘manusia cap sayang’ ama mertua kamu!!

2.       Uang tidak membeli semua kebahagiaan, uang hanya membeli hampir semua kabahagiaan
Oke kali ini kalian pasti tahu kan ada beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang!! Contohnya: keyakinan!! Misalnya kalian berkeyakinan kalau kalian cantik!! kemudian ada orang yang berusaha meyakinkanmu bahwa sebenarnya mukamu tak lebih cantik dari kebo ngantuk dientup tawon!!, dia berusaha memberimu segebok uang dengan harapan keyakinanmu berubah!! Pasti keyakinanmu takkan berubah sedikitpun!!

Contoh lagi yang tidak bisa dibeli dengan uang : kepercayaan!!, misalkan ada orang yang memberimu sekoper uang!! Dan dia menyuruhmu untuk percaya kepadanya kalau dia bisa mengurus yang namanya biaya pengobatan sakit hati di rumah sakit bisa ditanggung BPJS, dan jodoh yang belum ketemu bisa dicari dengan bantuan tim SAR!! Saya yakin kamu gak akan percaya!!
Oke, itulah beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang!! Tapi kalian jangan lupa!! uang membeli HAMPIR semua kebahagiaan lho!!

·         Kalian pengen kawin dan bahagia, menurutmu kawin itu butuh uang apa butuh kasih sayang? Butuh dua duanya sayang...... ada sayang gak ada uang mana bisa kawin, ada uang tanpa ada yang disayangi emangnya kamu mau kawin ama wedhus??

·         Kalian bahagia karena bisa jalan jalan ke WBL, atau ke Bali, kalian pikir bis yang kalian tumpangi berjalan pakai air? Ataukah pakai bensin? Bensin itu beli apa gratis?? Belum tiket masuknya, belum oleh olehnya, belum makan makannya, belum jajannya, belum ketika dipalakin ama preman disana, itu semuanya butuh duwit!!

·         Kalian bahagia karena dikasih cokelat ama gebetan, itu cokelat apa kamu pikir dibeli pakai daun?
·         Kalian bahagia karena dapet ranking 1 di kelas, itu sekolah dan biaya bimbel kamu kira bayarnya pakai kulit pisang??

·         Kalian bahagia karena bisa nelpon gebetan, stalking foto mantan di instagram, dan BBMan serta WA an, apa kamu kira itu HP dan kuota internetnya dibeli pakai sampah?

·         Kalian bahagia karena bisa membaca buku ini sehingga pikiran kalian terbuka, kalian bahagia karena kalian merasa beruntung membaca buku ini, apa kalian pikir buku ini dibeli pakai kertas??

3.       Uang memang bukan sumber kebahagiaan, tapi jangan lupa uang adalah sumber kekuatan!!

Memang kakak akui, uang bukanlah sumber kebahagiaan, karena sangat banyak orang yang memiliki kekayaan melimpah tapi hidupnya justru sengsara, contohnya para koruptor itu, uangnya miliaran tapi hidupnya penuh dengan rasa takut, oke untuk point ini kakak sepakat bin setuju.

Namun kalian jangan lupa yach, meskpun uang bukan sumber kebahagiaan, tapi siapapun yang memiliki banyak uang bisa kuat banget lho!! Gak percaya? Itu lihat batman dan iron man!! Mereka berdua adalah sosok milyader yang menjadi orang kuat karena punya banyak uang!!! Hehehe bener kan ya.... bisa bikin baju yang bisa terbang, punya peralatan yang super canggih, wes pokoke super duper lah...

Selain kuat secara fisik, uang bisa juga memiliki power yang dahsayat, mereka yang memiliki banyak uang bisa mengatur malam ini siapa yang bakalan menang dalam pertandingan sepak bola, mereka yang punya uang bakalan bisa mengatur siapa yang bakalan jadi bupati, gubernur, atau bahkan presiden sekalipun, dan mereka yang punya banyak uang akan sangat mudah lari dari kejaran hukum. Punya banyak uang itu bikin kuat guys... meskipun gak jamin bakalan bahagia!!

4.       Punya uang nggak jamin bahagia, tapi nggak punya uang dijamin bakal sengsara!!

Oke untuk point nomer 4 ini hampir sama dengan point nomer 3, punya uang gak jamin bahagia, itu kakak setuju buwanget!! Karena selain para koruptor yang kaya namun sengsara, ada juga para artis yang kerjaannya kawin,selingkuh cerai, kawin lagi selingkuh lagi dan akhirnya cerai lagi, mereka punya banyak uang tapi itu tidak membuat mereka bahagia, untuk ini saya sangat sangat setuju kuwadrat!!

Namun guys kalian jangan lupa, meskipun punya banyak uang gak jamin bakal bahagia, GAK PUNYA UANG JAMIN HIDUP LO SENGSARA!!
Mau makan gak punya uang, akhirnya makan makanan sisa dari tong sampah. mau tidur eh gak bisa tidur nyenyak karena tidur diemperan toko tanpa kasur, tanpa selimut, tanpa obat nyamuk!!, kepengen mobil hanya bisa dapet mobil mobilan usang di tong sampah, mau kawin siapa yang bakalan mau ama dia?? Jika udah kayak gini apa kepikiran sholat? Apa kepikiran baca qur’an? Kalau udah nggak sholat terus pengen masuk surga gitu??

5.       Untuk bisa bahagia tidak mensyaratkan punya banyak uang, namun mensyaratkan punya CUKUP uang!!
Bahagia bisa didapat dari hal hal sederhana, meskipun itu nyruput secangkir cokelat panas di teras rumah saat hujan sembari baca buku ini, indah banget moment seperti itu!! Tapi jangan lupa yach adik adik!! untuk mencapai hal ini kalian harus punya CUKUP uang untuk beli buku ini , juga harus punya CUKUP uang untuk beli cokelat panas!! Kebahagiaan seperti contoh diatas tidak membutuhkan banyak uang, namum membutuhkan CUKUP UANG!!

Ketika kalian diterima di sekolah yang kalian idam idamkan tentunya kalian akan sangat bahagia, nah untuk bisa sekolah memang tidak mensyaratkan punya banyak uang, namun untuk bisa sekolah seseorang hanya mensyaratkan punya CUKUP UANG!!

6.       Uang memang bukan segala galanya, tapi jangan lupa, segala galanya butuh uang!!
Saya rasa untuk point 6 ini udah sangat gamblang dan cerah!! Secerah kilau wajahmu... cie cie.... oke adik adik, kalian sekolah butuh uang, Beli jajan butuh uang, beli pensil butuh uang, beli bunga butuh uang, beli kaos kaki butuh uang, bahkan untuk pipis di pom bensin pun butuh uang!!
Nyaris semua hal yang kita lakukan di planet ini butuh uang, namun jangan lupa, uang bukanlah segala galanya!! Jangan sampai kalian jadi penjahat gara gara uang!! Jangan sampai kalian serakah lantas korupsi gara gara uang, dan jangan pula kalian berzina karena butuh uang!! Kaya itu penting, tapi jangan yang penting kaya!!

7.       Uang tidak hanya memperlancar jalanmu di dunia, tapi juga di akhirat!!
·         Kalian sakit dan harus operasi karena tersedak garpu yang nyangkut di tenggorokan kalian, operasi ini akan lancar dan perawatan kalian di rumah sakit akan nyaman jika kalian punya uang!!
·         Perjalanan naik pesawat terbang jauh lebih lancar dan nyaman daripada perjalanan naik bus yang panas dan macet, bedanya di uang guys....
·         Kalian akan mudah meraih impian kalian untuk menjadi dokter dan akhirnya membangun rumah sakit kalian sendiri jika kalian punya uang!!
·         Jika kalian membangun rumah sakit dan menyelamatkan nyawa ribuan orang, juga disamping itu kalian memberikan lapangan pekerjaan kepada ratusan orang yang bekerja di rumah sakit kalian, secara tidak langsung itu memperlancar jalanmu ke surga karena sudah membantu banyak orang!!
·         Rukun islam yang ke 5 adalah Haji!! Dan itu mustahil terlaksana tanpa uang!!
·         Uang yanag kamu sedekahkan untuk membantu yatim piatu di panti asuhan ataupun yang kalian sedekahkan untuk membangun masjid dan sekolahan akan secara mudah memperlancar jalanmu ke surga!!

8.       Uang memang tidak dibawa mati, tapi kebaikan yang kamu tanam dari uangmu bisa menerangi kuburmu!!

Pernahkah kalian mendengar ungkapan jika uang tidak akan pernah bisa dibawa mati? Untuk point ini kakak setuju buwanget adik adik!! Apapun bentuknya tidak pernah ada ceritanya uang dibawa mati... kecuali raja raja mesir kuno yang turut serta mengubur harta bendanya di dalam piramid.
Namun kalian jangan lupa, meskipun uang tidak bisa dibawa mati, tapi kebaikan yang kalian tanam dari uang bisa menerangi kuburmu dan memperlebar jalanmu ke surga!! Gak percaya? Coba perhatikan point point berikut :
·         Sedekah ke panti asuhan
·         Bangun masjid
·         Menyekolahkan anak yang tidak mampu
·         Bangun rumah sakit
·         Bangun sekolah
·         Menyantuni janda janda tua
·         Menulis dan menerbitkan buku
Semua point diatas pahalanya akan terus mengalir kepadamu meskipun kamu sudah mati dimakan cacing dan rayap di dalam tanah!! Dan jangan lupa SEMUA KEBAIKAN DIATAS PERLU UANG UNTUK MEREALISASIKANNYA!!

9.       Uang hanyalah “alat”, dan semua alat bisa digunakan untuk kebaikan atau kejahatan
Sering kakak dengar nasihat mereka orang orang yang punya banyak uang dicap sebagai orang jahat, karena mayoritas orang yang punya banyak uang adalah orang orang berandalan yang suka menyuap, dan menggunakanannya untuk kejahatan, kemudian karena alasan ini banyak yang menganjurkan jika ndak punya uang itu lebih baik!!

Perumpamaan ini menurut kakak adalah perumpamaan yang cacat, itu sama saja mengumpamakan jika kita terlalu banyak berbuat dosa karena kita sering melihat aurat yang terbuka dimana mana, supaya dosa ini berkurang ada yang berpendapat lebih baik buta saja daripada punya mata dan nambah dosa!! Sebuah perumpamaan aneh, nyleneh, dan tidak masuk akal sama sekali!!

Saya yakinkan sekali lagi ya adik adik!! BAGIMANAPUN JUGA PUNYA UANG ITU LEBIH BAIK DARIPADA NGGAK PUNYA UANG!! Perhatikan sekali lagi satu persatu point point di atas!! Adapun apabila banyak yang menjadi jahat karena punya banyak uang, itu tergantung orangnya!! Karena banyak juga loh yang punya banyak uang namun baik hati.

Uang itu seperti alat adik adik, dan semua alat bisa digunakan untuk kebaikan atau kejahatan, tergantung orangnya!! Seperti pisau yang bisa digunakan untuk memasak ataupun bisa diugnakan untuk membunuh orang!! Seperti gergaji yang bisa digunakan untuk memotong kayu, namun bisa juga digunakan untuk memotong lehermu!! Semua tergantung yang punya ya adik adik!!

10.   Tempatkan uang ditanganmu bukan dihatimu
Maksudnya adalah apabila kalian nanti punya banyak uang ingat uang yang kalian punyai itu hanyalah sebagai alat untuk berbuat baik!! karena tugas kita di dunia ini untuk menebar kebaikan bukan berbuat kerusakan!! Dengan uang kebaikan bisa diperbuat dengan mudah, namun jangan menggunakan kejahatan untuk mendapatkan uang karena itu berujung kerusakan!!

11.   Orang kaya disegani, orang berilmu dihormati, jadilah keduanya agar disegani dan dihormati
Dengan uang yang kalian miliki kalian bisa belajar banyak hal, dan ingat!! Belajar itu tidak hanya belajar cara mengerjakan soal ketika ujian, setiap hal yang kalian pelajari dan itu bisa membawa manfaat untuk banyak orang disebut juga sebagai belajar!!

12.   Nasehat untuk adik adik
Nasehat untuk Cowok                   : nanti cari istri jangan yang MATRE ya!!... karena ketika kalian dapat seorang istri yang matre hidup kalian akan susah, apapun yang kalian miliki tidak akan pernah merasa cukup bagi dia, bahkan memiliki istri matre bisa menuntunmu untuk mendapatkan uang dengan cara cara yang enggak bener, berujung penjara atau bahkan neraka
Nasehat untuk Cewek                   : nanti kalau cari suami jangan yang KERE ya!!.... bisa bahaya punya suami kere!! Bisa bisa kalian hanya diajak makan di warung cap sayang, beli susu anak cap sayang, dan menyekolahkan anak di sekolah cap sayang. Susah hidup kayak gitu!! Ingat dalam pernikahan itu makan pakai nasi bukan makan pakai cinta dan kasih sayang!! Hehehe
Selamat menjadi remaja hebat ya adik adik!!

Judul    : 7 Cokelat Lezat Untuk Remaja Hebat
Tebal    : 104 Halaman
Penulis : Ahmad Budi Ahda, Lc.
ISBN    : 978-602-72560-9-5
Harga   : Rp. 50.000


Pembelian Bisa Melalui Tokopedia Klik Disini

atau bisa juga menghubungi admin via WA dengan klik tombol dibawah ini

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro