7 Pitutur Untuk Pribadi Luhur


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

KITA TERBIASA MELIHAT SEGALA SESUATU DARI SATU SUDUT PANDANG!!
Adik adik yang makin hore!! Tahukah kalian apa yang disebut dengan sudut pandang? Bahasa yang agak keren dikit “point of view” ? yak ada yang tahu? Coba kamu cowok gendut yang timbilen kerempeng di pojokan tahu nggak apa itu sudut pandang? anu pak.... sudut yang dipandang dengan pandangan bersudut sudut pak!! Hm.... ada yang lain? Cobak kamu cewek putih bergigi kuning ginsul kecoklatan, kamu tahu nggak? apa sudut pandang itu? Anu pak... sudut pandang yaitu padanan pandangan dari jomblowati kecamatan padangan yang membentuk sudut 90 derajat celcius di kabupaten pandaan jawa timur!! Mantab jaya.....

Adik adik sebelum kita berjalan lebih jauh (yang mau lari, jogging atau bahkan naik helikopter pun silahkan tapi aku jalan ajah :D), coba perhatikan gambar gambar dibawah ini, gambar di bawah ini akan menjelaskan apa yang disebut dengan sudut pandang yang bahasa kerennya point of view!!

Gambar A

Gambar B

Gambar C

Dari ketiga gambar diatas saya yakin dech... kamu bakalan langsung paham sudut pandang dengan pemahaman tok cer bin encer nan meleleh kayak hati gebetanmu yang abis kamu beliin sebongkah berlian bonus kapal pesiar berisi penuh bunga mawar!! hehehe leleh encer tokcer...!!
Gambar A dan B, sebuah objek dengan bentuk yang sudah fix hasil penafsirannya akan berbeda jika di lihat dari dua tempat yang berbeda (tempat A dan tempat B) melihat dari tempat A bahasa gaulnya melihat dari sudut pandang A, dan melihat dari tempat B bahasa kerennya melihat dari sudut pandang B

Sementara itu gambar C ada sebuah objek dilihat dari tempat yang sama, tapi yang satu melihat bagian hitamnya, yang satunya lagi melihat dari bagian putihnya, hasil penafsirannya juga beda!! Padahal bendanya sama!!

Adik adik yang makin kece!! Salah satu kelemahan kita adalah, KITA TERBIASA MELIHAT SEGALA SESUATU DARI SATU SUDUT PANDANG, kalau dari contoh gambar diatas kita terbiasa melihat suatu objek dari tempat A saja, atau dari tempat B saja, bahkan kita sering melihat permasalahan dari bagian gelapnya saja tanpa pernah mau meninjau masalah ini dari bagian putihnya, itulah alasan mengapa kita sering bermusuhan hanya gara gara beda pendapat, ya karena masing masing dari kita tidak mau melihat sudut pandang dari perspektif lain.

inilah yang menjadikan pikiran kita sempit, menjadikan hidup kita selalu penuh dengan perdebatan dan persengketaan dengan teman dan sahabat, PADAHAL APABILA KITA MENCOBA BERSIKAP BIJAKSANA, YAITU DENGAN MELIHAT SEGALA SESUATU DARI SUDUT PANDANG LAIN, mungkin saja kita bisa memaklumi perbedaan, dan tentu saja harapannya pertikain bisa dihindari!! (tulisannya di bold, italic dan underline biar greget!!)

CONTOH PERMASALAHAN YANG BISA DILIHAT DARI BERAGAM SUDUT PANDANG!!

A. KISAH WANITA KARIR
ada seorang wanita yang bekerja sebagai asisten manager sebuah bank ternama, saking sibuknya sampai sampai ndak punya waktu untuk mengurus suami dan anak anaknya, apabila ada permasalahan kantor dia langsung tanggap dan menyelesaikan dengan sigap meskipun itu sampai lembur larut malam sekalipun, atas prestasi gemilang dan etos kerjanya yang excellent pimpinan bank menaikkan pangkatnya menjadi general manager dan harus pindah keluar kota, saat itu suaminya sakit namun dia rela meninggalkan suami dan anak anaknya karena pekerjaan sebagai general manager sangatlah prestisius.
Menurut kalian wanita ini termasuk sukses atau gagal? TERGANTUNG DARI SUDUT PANDANG!!
Jika dilihat dari sudut pandang karir wanita ini SUKSES BESAR, karirnya maju, etos kerja excellent sehingga naik pangkat menjadi general manager yang dimana tidak semua wanita bisa menempati jabatan yang sangat bergengsi bergaji puluhan juta tersebut!!
dan jika dilihat dari sudut pandang keluarga, wanita ini adalah sosok wanita GAGAL TOTAL, mengapa? Karena dia bercerai dari suaminya, dan harus kehilangan hak asuh terhadap anak anaknya!!

B. KISAH PENEBANG KAYU YANG BERLARI SEJAJAR DENGAN ARAH POHON TUMBANG

saya pernah menyaksikan sebuah video lucu di youtube, seorang penebang kayu berlari sejajar dengan arah tumbangnya pohon, walhasil dia harus rela kepalanya puyeng dan nyaris lehernya patah serta batok kepalanya pecah tertimpa batang kayu yang roboh, padahal kalau dia bergerak tiga langkah saja ke samping nicaya kepala akan selamat dari ancaman asmara sang pohon yang berkobar kobar!! hehehe

Dan ternyata kisah ini bisa dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda loh adik adik!!

Sudut pandang penonton : kita sebagai penonton akan langsung bilang kalau orang yang berlari sejajar arah tumbangnya pohon adalah orang blo’on yang biasa makan tahu koplak dengan kopi sableng. Kok begonya nggak ketulungan sih!! masak lari sejajar pohon tumbang, itu tiga langkah kesamping ajah kan selamat si kepala plontos!!

Sudut pandang pelaku yaitu si penebang pohon yang kepalanya puyeng kayak abis ditagih hutang, ternyata dalam situasi kepepet dan waktu yang dimiliki untuk berpikir terlalu sempit, orang akan membuat keputusan yang begitu dungu!!

Jika kita sebagai penoton mencoba melihat permasalahan ini dari sudut pandang pelaku, niscaya kita akan memahami mengapa beliau membuat keputusan yang terlihat blo’on tersebut.

HATI HATI DENGAN BUKU!!
Adik adik, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang juga berlaku untuk buku buku yang kita baca, supaya kita bijaksana dalam menghakimi dan membangun persepsi terhadap sesuatu yang kita baca!! Contohnya nich ya....

Apabila kamu membaca buku yang membahas jika tahlilan itu sesat!! Maka kamu juga harus membaca buku yang mengupas jika tahlilan itu boleh!!

Apabila kamu membaca buku tentang bumi itu datar, kamu juga harus membaca buku jika bumi itu bulat, atau lonjong atau bahkan kerucut!!

Apabila kamu membaca buku yang mengupas kejelekan dan keburukan seorang presiden, maka kamu juga harus membaca buku yang mengupas jasa jasa seorang presiden.

Apabila kamu membaca buku yang menjelaskan tentang aliran A sesat, aliran B masuk neraka, dan aliran C masuk keluar neraka, maka kamu juga harus membaca buku buku yang ditulis oleh aliran A, B, dan C yang membela aliran aliran mereka

Jika kita terbiasa membaca buku dari kedua belah pendapat yang saling bertentangan, niscaya kita akan menjadi orang yang sangat bijaksana dalam menghadapi permasalahan sehingga tidak terjebak kedalam pandangan sudut tunggal!!

Kelemahan kita sehingga bertikai dengan saudara saudara kita salah satunya disebabkan mereka hanya mau melihat permasalahan dari satu sudut pandang dan tidak terbiasa melihatnya dari sudut pandang lain seperti yang saya jelaskan di dalam buku ini.

MANFAAT TERBIASA BERPIKIR DARI BERAGAM SUDUT PANDANG YANG BERBEDA
Adik adik, beruntunglah kalian karena membaca buku ini, dan kali ini kalian belajar sebuah pelajaran yang tidak akan diajarkan kepadamu di bangku sekolah, bahkan kuliah sekalipun tidak ada mata pelajaran ini, disni kalian menadapatkannya dengan penjelasan yang mudah, gamblang, dan tentu saja murah... hehehe

Eh adik adik, ternyata nih apabila kita membiasakan diri berpikir dari beragam sudut pandang, (maksudnya tidak berpikir dari satu sudut pandang saja) kita akan mendapatkan keuntungan besar loh adik adik, sebesar keuntungan saya mendapatkan istri cantik, putih , tinggi, pinter masak, dan solihah... hehehe

Apa saja sih keuntungan dari terbiasa berpikir dari beragam sudut pandang ini. Yak mari kita kupas satu Satu Satu

a. Mampu melihat peluang yang tak terlihat
Tahu nggak sepeda motor roda tiga merek tossa / viar / kaisar dan nozomi? Pasti tahu donk.. sepeda motor itu adalah sepeda motor produksi china yang laris manis di pasaran Indonesia. Adik adik asal kalian tahu ya... di Indonesia kendaraan bermotor produksi china kalah bersaing dengan kendaraan bermotor produksi Jepang, merek jepang lebih bagus, lebih irit, lebih bandel, lebih tangguh, sementara produksi china diajak ngebut 100 Km / Jam ajah bakalan rontok tuch mesih... hehehe

China sadar kalau industri otomotifnya di indonesia nggak bakalan bisa menang bersaing dengan produk jepang. Oleh karena itu china memikirkan suatu kendaraan yang dibutuhkan banyak orang, akan tetapi tidak diproduksi oleh jepang, ketemulah motor angkut barang beroda tiga, dengan harga yang murah mampu mengangkut barang seperti mobil pick up, walhasil jenis sepeda motor ini laris manis di pasaran!!

China sukses dengan motor tossanya karena mampu melihat dari sudut pandang lain yang tidak dilihat oleh pabrikan jepang. Walhasil meskipun mesin yang digunakan motor viar, tossa dan kawan kawan tidak setangguh mesin sepeda motor jepang, kendaraan ini tetap diserbu dan selalu habis di dealer karena banyak orang butuh!!

Kalian tahu Indomaret? Pasti tahulah... indomaret adalah raja mini market di indonesia memiliki lebih dari 10.000 mini market diseluruh penjuru indonesia. Kalian tahu mengapa indomaret begitu sukses? Itu Karena indomaret mampu melihat sudut pandang yang tidak dilihat oleh pesaingnya yaitu supermarket.

Ketika pengusaha supermarket dengan modal besar mampu merajai pasaran di suatu kota, indomaret melihat sesuatu yang tidak dilirik oleh pesaingnya si supermarket, dia melihat ada peluang dari mini market yang banyak yang mampu menjangkau seluruh pelosok negeri sampai tingkat kecamatan dari pada supermarket yang hanya menjangkau wilayah kota saja!!

Walhasil atas kemampuannya melihat dari sudut pandang yang tidak dilihat oleh supermarket, kini omsetnya jauh lebih besar dari supermarket manapun di indonesia dengan jumlah mini market lebih dari 10.000.

Adik adik, jika kalian membiasakan diri berpikir dari sudut pandang yang berbeda, maka kalian akan memiliki kemampuan dalam melihat peluang yang tidak dilihat oleh orang lain, dari situ ada keuntungan yang bisa kalian peroleh!!

B. Lebih bijaksana dalam mengambil keputusan sehingga tidak dholim.
Ketika kalian nanti menduduki posisi yang tinggi, dan hendak menghukumi seseorang ataupun hendak memecat seseorang sekalipun dari pekerjaannya, yang harus kalian lakukan adalah dengan melihat segala permasalahan dari bermacam sudut pandang supaya keputusan yang diambil tepat dan tidak merugikan banyak pihak

C. terciptanya perdamaian dan rasa saling menghargai pendapat
Saya pernah menulis di buku seri pertama tentang “benar dan benar” jika kalian membaca bab itu kalian akan sadar ternyata biang keladi pertikaian di bumi ini karena banyak orang yang berpendapat jika tidak benar maka salah, itu terjadi karena orang terbiasa berpikir dari satu sudut pandang saja!
Prinsip benar dan benar supaya kita bisa hidup damai di muka bumi ini hanya bisa tercapai jika kita terbiasa berpikir lebih dari satu sudut pandang!!
Selamat menjadi remaja hebat ya adik adik!!

Judul     : 7 Pitutur Untuk Pribadi Luhur
Penulis  : Ahda Elsi
Tebal     : 104 Halaman
Harga    : Rp. 50.000
ISBN     : 978-602-61018-1-5


Pembelian bisa melalui Tokopedia Klik Disini

Atau Bisa Menghubungi admin via WA dengan Klik Tombol Dibawah ini

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro