Otak Logika Dan Pengaruhnya Terhadap Peradaban

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

pernah mendengar beberapa perkataan berikut? atau bahkan anda sendiri mungkin yang berpendapat seperti ini?

1. Ngapain belajar matematika dan fisika sampai njlimet detail, sinus cosinus tangen, percepatan, gaya, dsb. dalam realita kehidupan sehari hari kita hanya membutuhkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Perempuan ngapain sekolah sampai doktor, toh kodratnya adalah melahirkan anak dan menjadi ibu rumah tangga,

3. Dunia kerja sekarang gak nyambung dengan dunia pendidikan, kuliah jurusan pertanian, kerjanya jadi teller bank.

4.Jadi security, kenapa syaratnya harus sarjana S1? lulusan SD kan bisa?

5. Orang pinter nyari kerja, orang bodoh susah dapat kerja, akhirnya orang bodoh buat lapangan kerja dan mempekerjakan orang pintar.

6. Jika kamu memang berniat jualan bakso sejak awal, ngapain kuliah sampai magister? lulus SMA saja kan bisa?

7. Ayah saya punya pabrik rokok yang akan saya teruskan, lha terus ngapain saya sekolah? toh ujung2nya sekolah juga buat nyari kerja, kalau hanya nyari kerja sekarang sayapun gak seklah juga bisa nerusin pabrik rokoknya bapak.

No 7 adalah kisah nyata orang tua pemilik pabrik rokok curhat ke saya tentang anaknya yang sekarang kelas 2 SMA dan sudah gak mau sekolah lagi.

oke sekarang gini : kenapa micin tertuduh sebagai bumbu penyebab kemunduruan berpikir anak zaman now? ya karena anda berpikir 7 point diatas, maka daripada itu bertobatlah... :v :v :v hahahaha..

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)

UPDATE PERTAMA

jadi gini gaes. Anda pasti tahu donk kalau otak itu ada otak kanan dan otak kiri, namun selain pembagian otak kanan dan kiri ternyata ada juga yang membagi otak menjadi 3, yaitu

1. Otak reptil (croc brain) bagian otak yang memproses insting dasar makhluk hidup, seperti bertahan hidup, makan, minum, dan berkembang biak, jika otak reptil yang dominan seseorang akan langsung bereaksi atau bahkan menyerang jika merasa terancam sedikit saja.

2. Sistem limbik, bagian otak yang memproses emosi, seperti takut, sedih, marah, kecewa, bahagia, atau jatuh cinta.

3. Prefrontal Cortex (PFC). Bagian otak yang berfugsi memproses logika dan rasionalitas, bagaian ini hanya diimiliki manusia yang menjadikan manusia sebagai penguasa seluruh species di muka bumi, karena manusia bisa berpikir dan berlogika.

Bagian otak 1 dan 2 bisa berkembang dengan stimulus lingkungan bahkan tanpa latihan latihan khusus, sedangkan bagian otak no 3, perkembangannya tidak akan sempurna jika tidak pernah dilatih serta digunakan untuk berpikir, menganalisa, mengamati, menxermati dan menyimpulkan.

Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank (Best Seller)

UPDATE KEDUA

Dunia pendidikan memiliki banyak purpose dan tujuan serta goal, namun ada 1 goal yang paling puwenting dari pendidikan, yaitu :

MELATIH dan MENGAJARI CARA BERPIKIR.

Yak betul, di sekolah anda diajari menggunakan PFC (prefrontal korteks). Pendidikan menstimulus PFC yaitu bagaian otak yang memproses logika supaya berkembang, itulah alasan mengapa anda harus memecahkan soal matematika dan fisika yang njlimet meskipun tidak anda pakai dalam sehari2, itu supaya PFC anda berkembang.

Karena jika orang TIDAK terbiasa melatih PFC dan tidak terbiasa menggunakannya untuk berpikir memecahkan masalah atau menghafal, maka bagian otak REPTIL akan DOMINAN. Sehingga menjadikan seseorang hanya berpikir makan minum dn berkembang biak. Dan jika merasa terancam sedikit saja langsung menyerang.

Apakah ada buktinya? Jawab BWANYAK.

Pernah gak menjumpai anak2 nakal di sekolah? Anak2 yg suka bolos, berkelahi, tawuran, dan susah diatur? Saya bergelut di dunia pendidikan sejak pulang dari mesir tahun 2011, dan seluruh anak2 nakal yang saya jumpai mohon maaf saya katakan adalah anak2 BODOH, bodoh dengan kriteria sekolah yaitu mereka yang nilainya jelek jelek.

Mereka nakal karena bagian otak reptilnya Dominan. Kenapa otak reptilnya dominan? Karena bagaian otak yg digunakan untuk berpikir logis (PFC) tidak terlatih dengan baik.

Bukti lainnya :

UPDATE KETIGA

coba amati, tingkat kenakalan remaja di sekolah favorit yang isinya anak2 pintar dengan sekolah biasa yang isinya beragam siswa, manakah tingkat kenakalan yang lebih rendah?.

Sekolah favorit yg isinya anak anak jenius memiliki rata2 tingkat kenakalan remaja yang lebih rendah karena didalamnya adalah anak anak yang terbiasa menggunakan PFC nya sehingga otak reptilnya bisa ditutupi.

Contoh lain :

Sejak tahun 2012 saya memiliki beberapa karyawan yang berganti ganti... setidaknya 10 orang karyawan pernah bekerja bersama kami, dalam berinteraksi dengan mereka, terlihat sekali perbedaan antara karyawan yang sering dapat nilai bagus di sekolahnya atau kuliahnya, dengan karyawan yang maaf niai rapornya biasa biasa saja, atau bahkan cenderung jelek.

Karyawan dengan nilai2 bagus saat sekolah memiiki etos kerja yang tinggi dan tanggap terhadap pemecahan masalah, serta mampu berinisiatif dan tidak melulu menunggu instruksi seperti robot.

Dari sini paham kan? Kenapa dslam dunia kerja perusahaan selalu menanyakan ijazah dan niai IPK?

Jawaban Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, Selamatan (Best Seller)

UPDATE KEEMPAT

Sejuta orang yang putus sekolah salah satunya menjadi steve jobs, sisanya 999.999 menjadi no job.

Anda ingin putus sekolah dan berharap kaya raya seperti bilgates dan stevejobs?, itu tindakan paling konyol yang pernah kami dengar.

orang2 yg PFC nya tidak terlatih, memiliki etos kerja yang buruk dan pemecahan masalah yang lemah, miskin inovasi dan kreasi, jangankan menjadi wirausahawan, menjadi karyawan saja sebenarnya mengkhawatirkan.

Lha terus coba jelaskan kenapa banyak yang putus sekolah namun ukses berwirausaha?

Jawab : mereka memang putus sekolah tapi TIDAK PUTUS BELAJAR. Mereka gemar membaca buku, terbiasa berpikir memecahkan masalah dan tidak mudah menyerah. Sehingga PFC nya terlatih.

Jadi jangan sampai pepatah orang bodoh mempekerjakan orang pintar menjebak anda. TIDAK ADA ORANG BODOH YANG MEMPEKERJAKAN ORANG PINTAR. Yang ada orang pintar dipekerjakan oleh orang yang lebih pintar.

UPDATE KELIMA

Anda wanita dan tidak mau belajar sampai sarjana karena berpikir ujungenya juga di dapur?

Pikirkan ini : jika PFC anda terlatih dengan baik, itu secara genetik akan menurun kepada anak2 anda, dalam artian anak2 anda berpotensi memiiki kecerdasan yang lebih daripada anda.

Kemudian, dengan capaian anda sebagai wanita berpendidikan, mendidik anakpun pasti lebih maksimal, karena ibu adalah sekolah pertama bagi anak2nya.

Tidak hanya itu, jika PFC anda terlatih dengan baik, kebijaksanaan anda juga lebih dewasa, menjadikan anda sebagai pendamping terbaik dalam perjuangan suami anda..

Anda wanita bisa mendidik anak anda menjadi pahlawan atau penjahat, dan bisa juga mempengaruhi suami anda menjadi malaikat atau iblis.

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro