Melogikakan Sesuatu Yang Tidak Dimaksudkan Untuk Di Logikakan

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

Di cafe samping kos kosan pak RT, seorang teman saya dengan bersemangat bilang : "heh kamu coba perhatikan itu film kartun spongebob, bagaimana bisa ada ikan tenggelam? Kok bisa bisanya pesta api unggun di bawah laut? Lha terus ngapain juga ada tupai hidup di dasar laut? Dan puluhan pertanyaan aneh lain yang intinya menertawakan logika dalam sebuah film.

Beberapa saat kemudian saya dan beberapa teman lain ikut tertawa dan menertawakan logika gak masuk akal ini, namun apakah dengan seperti itu saya dan teman teman mengkampanyekan kepada anda semua disini untuk memboikot spongebob karrna isinya gak berlogika? Jawab : TIDAK..!!!

justru jika alur film dibuat harus sesuai realita dan masuk akal, hasilnya akan sangat sangat membosankan buwangeet

Mengapa? Karena saya dan anda paham betul bahwa tujuan film itu untuk MENGHIBUR.... bukan untuk mengajari logika, semustahil apapun action dalam sebuah film akan tetap diterima asalkan MENGHIBUR..

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)

Sementara itu disudut cafe duduk seorang laki laki yang tampak murung, wajahnya pucat, matanya merah, teman saya mendatanginya bertanya : "kenapa mas? Kok kelihatannya sampeyan gak semangat. Dengan suara lirih laki laki tadi menjawab : " dunia mau kiamat mas!!" , "hah? Yang bener saja mas... saya belum kawin masak udah mau kiamat duluan? " jawab teman saya kaget, "anu mas, markonah tunangan saya pergi meninggalkan saya mas... dia dibawa lari oleh duda beranak lima beristri tiga, wajahnya jerawaten lagi mas, padahal saya kurang apa mas? Saya ganteng, meski tak sekaya tony stark dan bruce wayne namun saya selalu menuruti apa keinginan dia, saya selalu mengalah, selalu berbuat baik kepada dia tidak pernah menyakiti dia, mengapa dia pergi meninggalkan saya mas.? Katanya karena saya terlalu baik untuknya mas? Hikz hikz.... dia bercerita sembari mengusapkan tissue dimatanya.

Saudara saudara, cinta itu gak butuh logika, mencoba meyakinkan cinta dengan pendekatan logika sama saja ingin terbang naik kapal selam, jaauuuuuh saudara saudara, pendekatan cinta BUKAN logika, namun EMOSI. Jika seseorang sudah jatuh cinta tak peduli berapa istri anda, dan tak peduli seberapa gila anda, dia akan mengejar anda.

Diwaktu yang sama ada perdebatan menarik tetang politik disamping meja saya, seolah olah mereka sudah hendak lempar lemparan gelas, berdebat tentang sebuah partai yang tidak konsisten dalam bersikap, kemarin ngomong A sekarang bilang B, kemarin rukun dengan si C sekarang perang dengan si D.

Saudara saudara, pendekatan politik itu bukan logika, namun kepentingan, menganalisa dan protes tentang kebijakan politik menggunakan pendekatan logika sama saja mengharapkan linkin park merilis album religi, Nggak nyambung....!! Kekacauan dunia maya dan pembodohan orang orang dengan berita hoax karena banyak yang tidak paham akan hal ini. Dikiranya politik harus masuk akal.

Saya ndak ambil pusing akan keributan yang terjadi disamping meja saya karrna saat itu saya menyimak postingan seorang ateis di medsos memaparkan argumen jika tuhan ndak eksis, menggunakan argumen logis rasionalis.

Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank (Best Seller)

Menurutnya Tuhan itu mustahil, karrna teori yang berbunyi : mustahil sesuatu tercipta tanpa pencipta, mustahil ada hp tanpa ada yg membuatnya, mustahil ada buku tanpa ada yg menukisnya, mustahil ada keripik semangka tanpa ada yg menggorengnya.

Maka menurutnya, Tuhan adalah sesuatu yang mustahil tersebut, karena tuhan tercipta tanpa pencipta.

Saudara saudara, pendekatan Tuhan memang tidak dengan logika, namun dengan hati... jika ingin menemukan Tuhan temukanlah dengan hati.

Dari tulisan singkat ini semoga kita paham bahwa tidak semua yang ada di muka bumi ini bisa dirasionalisasikan dan dilogikakan, karrna memang ada beberapa hal yang pendekatannya tidak menggunakan rasionalitas dan logika.

Diantaranya
1. Film pendekatannya adalah hiburan
2. Cinta pendekatannya adalah emosi
3. Politik pendekatannya adalah kepentingan
4. Agama dan keTuhanan pendekatannya adalah hati.
5. Kebahagiaan pendekatannya adalah rasa syukur. Jika ingin bahagia bersyukurlah sebanyak banyaknya.

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro