Andai Kata Andai Tidak Ada Di Kamus

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)


Salah satu sebab kita merasakan ketidaknyamanan dan kurangnya rasa syukur itu karena ada kata ANDAI di dalam KBBI. Mungkin jika saya menemukan lampu ajaib berisikan jin saya akan meminta supaya kalimat ANDAI dimusnahkan saja supaya orang2 bahagia... hahaha...

Jadi gini, dalam hidup yang kita jalani, kita sering dihadapkan dalam pilihan pilihan  sulit di depan... saat kita memilih dan menjalaninya  kita akan menemukan kekurangan dari pilihan kita, saat itulah kata ANDAI mulai menghantui anda.

Secara alam bawah sadar anda akan berucap dalam hati, andakata saya begini pasti begitu, andaikan saya begitu pasti tidak begini, dan jutaan andai andai lain yang menjelma menjadi jutaan kalimat tak terhingga.

Padahal gaes asal kalian tahu : setiap pilihan yang kita pilih dalam hidup asal bisa dipertanggungkawabkan pilihan tersebut PASTI BENAR....  anda punya pilihan, orang lain punya pilihan, mana yang benar? Semuanya benar... tinggal anda  bisa mempertanggungjawabkannya apa tidak.

Selain itu ada point penting yang harus anda ingat2,TIDAK ADA PILIHAN YANG BETUL BETUL SEMPURNA. Semua pasti punya kekurangan, dan semua pasti membawa konsekwensi yang harus dihadapi.

Yang sering kita temui adalah, disaat pilihan yang kita ambil terlihat kekurangannya, kita ber ANDAI pilihan lain yang berharap kekurangan itu tidak ada padanya.

Padahal meskipun pilihan yang kita ANDAIkan itu benar tidak memiliki kekurangan itu, namun tidak menjamin pilihan tersebut memiliki KELEBIHAN terhadap pilihan yang anda pilih saat ini.

Pilihan 1 memiliki kelebihan ABC dan memiliki kekurangan DEF
Pilihan 2 memiliki kekurangan ABC dan memiliki kelebihan DEF

Tidak ada satupun yang benar2 sempurna memiliki kelebihan ABCDEF dan tanpa kekurangan sama sekali.

Jangan iri terhadap kehidupan orang lain, kalian tidak akan pernah tahu, nikmat apa yang Allah cabut darinya.

Syukurilah kehidupanmu karena kamu sering tidak menyadari nikmat Allah yg diberikan kepadamu yang tidak ada pada dirinya.

Satu satunya pilihan yang paling tepat adalah menentukan pilihan, menjalaninya dengan sepenuh hati, dan tidak menengok ke belakang. seperti kata han dalam film tokyo drift


Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro