Kisah Mukizat Para Nabi Itu Emang Benar Ya?


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc


Tahun 2005 saat Nokia dengan OS symbian nya berkuasa, dan saat youtube belum se tenar saat ini, video video menyebar dari satu hape ke hape yang lain tidak melalui WA, namun melalui bluetooth dan inframerah, saat itu banyak video mistis tersebar, diantaranya adalah 

  1. Video anak durhaka yang dikutuk jadi ikan pari
  2. Video anak durhaka yang dikutuk menjadi hewan mirip monyet dan kanguru tanpa bulu 
  3. Mayat di dalam kuburan yang dipasang kamera, bergerak gerak terkena adzab
  4. Suara jutaaan orang dari dalam bumi yang disiksa

4 Video diatas tersebar beriringan dengan iringan lantunan ayat Al Quran dan narasi bahwa apa yang mereka alami adalah adzab dari Allah, saat itu hati berucap Astaghfirullaaaah.... betapa nyata adzab Allah.... namun ada pikiran yang mengganjal saat itu, : jika siksa kubur, siksa neraka, kutukan, bisa diklarifikasi secara ilmiah dan ada bukti yang kuat seperti video ini, mengapa masih banyak orang kafir? 

Jawabannya baru saya temui lambat laun saat internet mulai menjadi seseuatu yang sangat populer, ternyata 4 video diatas terbukti HOAX. seketika terbesit dalam benak saya : JADI SELAMA INI HAL HAL DIATAS TIDAK BENAR? siksa kubur yang direkam itu? kutukan itu? HOAX SEMUA? imajinasi dan ekspektasi saya bubar seketika. dan itu sangatlah menyakitkan

---------

Lompat ke tahun 2021, saat itu ada banyak channel youtube yang melakukan live / siaran langsung memburu hantu nusatara seperti pocong, kuntilanak dan genderuwo, sangat sangat nyata dan terperacya, singkat cerita sayapun percaya.

Dan bisa ditebak channel channel youtube pemburu hantu tersebut terbukti hoax dan triknya dibogkar , dikuliti serta ditelanjangi dengan detail. untuk yang kesekian kalinya keyakinan saya terhadap sesuatu ambyar.

---------

Saat ini di tahun 2022 ada youtuber yang menantang dukun, tantangan yang bermaksud membongkar trik sang dukun, singkat cerita segala trik dan fenomena mistis yang dipraktikkan sang dukun bisa dibuktikan palsu alias rekayasa, kesaktian ghaib sang dukunpun terbukti tidak benar.

--------

Satu persatu hal hal berbau mistis dan melawan hukum alam terbongkar dan terbukti semuanya HOAX, ada hal yang menarik disini, seketika terbesit dalam pikiran : bagaimana dengan cerita cerita keajaiban mukjizat di agama? logikanya  gini : hawong kisah kisah keajaiban yang melawan hukum alam dengan bukti rekaman video saja terbukti HOAX, bagaimana kisah yang lebih aneh dari itu? dan tidak ada bukti apapun kecuali cerita dari tulisan? seperti kisah membelah lautan? mengubah tongkat jadi ular? membelah bulan? mengeluarkan unta dari dalam batu? tidur selama 300 tahun?

Saya harap sampai di sini anda jangan menyamakan antara mempertanyakan dengan meragukan, saya tidak meragukan, saya hanya bertanya, saya tahu pasti ada sesuatu yang tidak bisa saya pahami, untuk itu saya bertanya, pertanyaan ini sepertinya membutuhkan jawaban yang penjelasan logisnya tidak terjangkau dengan kemampuan akal pikiran manusia. sama seperti anak usia 5 tahun tidak akan pernah bisa mencerna dan menyelesaikan soal matematika SMA.

Pertanyaan saya bersumber dari fakta fakta yang saya cermati dan dari pemikiran yang saya dalami, apakah hanya karena saya berpikir dan bertanya langsung menjadi kafir? jika hanya karena berfikir kemudian mempertanyakan sesuatu dianggap kafir maka agama adalah untuk orangorang bodoh yang tidak mau berpikir, dan jika hanya karena berfikir dan bertanya langsung masuk neraka saya berharap mending jadi bodoh saja dan tidak memiliki kecerdasan seperti saat ini yang bisa berfikir dan bertanya sejauh ini. atau lebih exrem dari itu saya mungkin berharap tidak pernah dilahirkan.

Sementara jelas tertuang di dalam Al Qur'an bahwa manusia disuruh berpikir, bahkan perintah pertama dalam Al Qur'an adalah untuk membaca, iqro', bacalah, perintah pertama adalah perintah untuk membaca, dalam membaca ada aktifitas berfikir dan bertafakkur seelum akhirnya berfikir, bertafakkur, dan bertadabbur diperintahkan secara spesifik dalam ayat ayat yang datang setelah ayat pertama perintah membaca.

Kembali kepada Judul : jadi apakah kisah mukjizat para Nabi itu benar? Jawab : Benar, hanya saja penjelasan logisnya tidak mampu kita gapai karena keterbatasan tingkatan Kognitif manusia, ada sesuatu yang tidak akan pernah kita pahami dari kisah kisah tersebut.

Comments

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro