Kejujuran Absolut Tidak Selalu Jadi Yang Paling Diplomatis..!!

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

Judul diatas saya ambil dari sebuah film fiksi ilmiah yang menurut saya keakuratan ilmiahnya sangat tinggi, film racikan Chirstopher Nolan ini layak mendapatkan julukan salah satu film jenius yang pernah ada, bahkan ada sebuah lelucon jika anda ingin mengetest kecerdasan seseorang, ajaklah nonton film ini, jika dia bisa paham hanya sekali tonton maka dia adalah orang yang sangat jenius!! film ini berjudul Interstellar.

Saat itu cooper sang pemeran utama bertanya kepada robot bernama TARS, hei tars berapa parameter kejujuranmu? Tars menjawab 90%, cooper bingung dan bertanya? 90%? Tars menjawab : karena kejujuran absolut tidak selalu berdampak diplomatis. Anda tidak salah dengar, kejujuran absolut susah jika berhadapan dengan urusan diplomasi dan urusan mempengaruhi orang lain!

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)
  • Jika anda seorang pedagang anda menjelaskan detail seluruh barang dagangan anda mulai kekurangan dan kelebihan anda jelaskan detail dan terperinci, hasilnya akan kalah sama orang yang bedagang barang yang sama, namun hanya menjelaskan kelebihan dan tidak membeberkan kekurangan. Aatau bahkan melebih lebihkan kelebihan dan menutup nutupi kekurangan.
  • Jika anda seorang politikus, kemudian anda bersikap jujur absolut apa adanya, ya bisa ditebak anda akan kalah oleh lawan politik anda yang pandai merangkai kata dan membangun janji. Khusus untuk bagian ini sama sekali tidak berkesimpulan bahwa lawan politik yang kalah berarti dia yang jujur, karena jika anda jeli setiap orang yang naik ke panggung politik tidak ada yang jujur absolut!
  • Jika anda membaca novel kisah nyata, dan anda merasa novel itu sangat sangat menarik menguras emosi anda, maka ketahuilah novel itu tidak 100 persen nyata!! Karena jika 100 persen novel itu nyata pasti menjadi sangat membosankan dan sama sekali tidak menarik!!
  • Iklan iklan di TV yang anda lihat tiap hari, apakah semuanya itu jujur absolut? Owh tidak gaes…. Iklan iklan itu jika misalkan jujur 100 persen (jujur absolut) niscaya produk mereka tak akan ada yang laku dipasaran dan mereka juga akan merugi. Anda terllau polos jika mengira bintang iklan shampo yang rambutnya berkilau bak sutera itu adalah hasil dari shampoo yang di endorse nya. Rambut rambut kinclong itu didapat dari perawatan salon berbiaya puluhan juta gaes….
  • Berita berita yang anda baca setiap hari itu, apakah isi berita tersebut 100 persen benar? Anda terlalu polos dan lugu jika anda mengira berita berita itu jujur 100 persen. Karena jika berita berita tersebut jujur 100 persen niscaya tidak akan ada yang membaca berita tersebut karena pasti sangat membosankan .
  • Anda melihat foto produk makanan yang begitu menggoda di poster atau iklan? Kemudian anda mengira makanan yang akan anda dapat sama persis seperti itu? Owh boi….. betapa polosnya anda…  hehehe
  • Anda melihat ada foto wanita yang sangat cantik tampak di instagram kemudian anda mengira dia secantik seperti yang nampak di foto tersebut? owh tidak gaesss.....

Lantas hanya karena tidak jujur 100% apakah dianggap sebagai kebohongan? Jawabannya TIDAK!!

  • Hanya karena anda menceritakan kelebihan produk  dan tidak menceritakan kekurangannya, anda tidak bisa dianggap sedang berbohong
  • Hanya karena makanan yang anda dapatkan tidak sama seperti yang nampak di poster atau iklan tidak dianggap toko tersebut membohongi anda.
  • Hanya karena senuah berita menceritakan satu sisi dan tidak menceritakan sisi yang lain berita tersebut tidak bisa dianggap berbohong.
  • Hanya karena foto instagram anda lebih putih dari pada wajah anda yang sebenarnya, hal ini tidak dianggap sebagai kebohongan

Namun dari kasus kasus tidak jujur 100 persen yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, akhirnya di plesetkan oleh orang orang yang bersinggungan dengan diplomasi sehari hari menjadi: kebohongan adalah cara yang paling diplomatis!! Ini berakibat fatal… dan pada akhirnya kebohonganpun sering kita jumpai disekitar kita.

Yang paling banyak dari kasus kebohongan ini muncul dari dunia pers dan pemberitaan, entah berita di situs terpercaya ataupun berita yang tersebar di WA yang tidak jelas siapa penulisnya. Apa ciri ciri berita tersebut mengandung kebohongan? Gampang!! Jika isi berita tidak bisa memberikan bukti, namun mengaduk aduk emosi, ini perlu diwaspadai. Khususnya berita berita tentang teori konspirasi yang akan kami ulas dalam tulisan yang akan datang

Pertanyaan akhir :

Lantas apakah isi tulisan ini jujur absolut? Jawab TIDAK!! Ada beberapa bagian dan hal yang tidak saya beberkan seluruhnya karena kalau saya beberkan akan mengakibatkan nyawa saya terancam… hahahaha :D

Jika anda suka terhadap tulisan ini saya rasa tidak salah jika anda ikut membagikannya ke teman teman anda, saya rasa mereka juga akan menyukainya :) andapun saya rasa juga akan menyukai buku buku yang kami tulis.

Comments

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro