Bagaimana Bisa Pendidikan Memusnahkan Kemiskinan?

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

Dalam tulisan sebelumnya, saya katakan bahwa biang kerok kemiskinan karena kebodohan dan sulitnya akses kepada pendidikan ataupun buku2 berkualitas, bagaimana bisa? Begini saya jelaskan.

Setidaknya mereka yang berpendidikan, atau gemar membaca buku akan membuka peluang yang lebih lebar untuk menggapai kemakmuran  karena 3 hal.

1. IJAZAH

jelas sekali mereka yang memegang ijazah punya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih besar daripada mereka yang tidak ber ijazah. Ini wajar, normal, bahkan mayoritas dari kita sekolah dan kuliah ya karena ijazah, supaya ijazah tsb bisa digunakan untuk melamar kerja. Emang loe loe pade kuliah buat nyari ilmu? Ppffffffttt.... Ya enggak lah... kuliah itu untuk nyari ijazah supaya bisa kerja. Adapun pinter itu bonusnya.

2. OTAK YANG TERLATIH.

Sekolah, kuliah, ataupun jika tidak sekolah dan kuliah namun gemar baca buku, akan melatih otak bagian logika, otak ini sangat berpengaruh utuk berpikir logis, kedewasaan, ataupun kebijaksanaan, khusus untuk bagian ini anda akan paham maksud saya jika anda membaca tulisan saya yg secara khusus membahas otak bagian logika.

Bisa dibaca disini .....  http://abdapublisher.blogspot.com/2020/02/otak-logika-dan-pengaruhnya-terhadap.html

3. MOTIVASI dan DREAM.

Orang yg sekolah lebih tinggi, akan memiliki impian yg tinggi pula... jika anda sekolah sampai doktor, saya yakin mimpi anda juga akan melampaui mereka 2 yg hanya tamat SD ataupun bahkan tidak sekolah sama sekali.

Memang benar ada yg putus sekolah namun bisa sukses, itu terjadi karena mereka meskipun berhenti sekolah, namun mereka tidak berhenti belajar dan membaca.

selain dream, mereka yg berpendidikan tingggi juga akan memiliki motivasi yang kuat untuk makmur, masak sih kuliah sampai s2 atau s3, tapi nyari makan ajah susah? momok seperti ini akan menjadi cambuk yang sangat kuat untuk berlari lebih cepat.

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)

Dari 3 point diatas paham kan? Kenapa kebodohan itu biang kerok kemiskinan? Orang2 yg tidak memiliki pendidikan yang baik selain miskin harta  juga miskin motivasi, miskin mimpi, dan miskin peradaban.

Inilah sebab di tulisan saya sebelumnya mengulas bahwa kemiskinan adalah pangkal dari semua kemunduran. Cara efektif untuk memberangusnya adalah dengan memberikan akses pendidikan dan bacaan yg berkualitas kepada masyarakat. kata lainnya mengajak masyarakat belajar bepikir dan menggunakan otak logikanya.

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro