Takdir, Tetris dan Faktor X

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

A. TETRIS

Tahukan anda apa itu permainan tetris? Saya rasa sebagian besar dari anda tahu bagaimana cara bermain permainan digital ini, sebuah permainan yang sangat populer dari zaman 80 dan 90an dari gadget bernama game watch, dalam bahasa jawa permainan tetris ini disebut sebagai permainan “noto boto”

Pada mulanya akan muncul kotak kotak dengan bentuk yang bervariasi, bentuk kotak apa yang akan muncul diluar kehendak kita  itu kehendak komputer, saat kotak kotak itu sudah muncul barulah kita bisa menata kotak kotak itu sesuai dengan kehendak dan ikhtiar kita

Nah..! ketetapan dan takdir Tuhan yang sampai kepada kita ibarat permainan tetris ini, kotak kotak itu datang kepada kita diluar kehendak dan pilihan kita, itu semua kehendak Tuhan, saat kotak kotak itu muncul barulah kita bisa mengendalikan dan mengatur sesuai dengan usaha dan ikhtiar kita.

Bagi sebagian orang kotak kotak yang datang kepadanya bukanlah bentuk bentuk rumit, bentuk bentuk sederhana yang dengan mudah ditata, wal hasil dalam permainan dia bisa sangat mudah mendapatkan nilai yang sangat tinggi.

Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank (Best Seller)

Contoh orang seperti ini adalah orang orang yang terlahir dari keturunan ningrat darah bangsawan atau kaya raya, bagi orang orang seperti ini kotak kotak yang  muncul kepadanya adalah bentuk bentuk sederhana yang dengan mudah ditata, dia mudah mendapatkan akses pendidikan dan relasi pekerjaan, kemungkinan untuk suksespun pastinya lebih besar

Meskipun orang orang ini memiliki peluang sukses yang lebih besar, namun ada satu hal yang harus diperhatian, orang orang ini harus tetap berusaha meskipun usaha yang dikerahkannya pasti lebih ringan daripada yang lain, jika mereka tak berusaha maka juga akan gagal dalam hidup mereka.

Kemudian bagi sebagian yang lain, kotak kotak yang datang kepadanya sangatlah rumit, butuh usaha dan ikhtiar yang tidak sederhana untuk menata kotak kotak itu, jangankan untuk mendapatkan nilai tinggi, hanya sekedar untuk tidak "game over" saja bagi orang orang seperti ini butuh usaha mati matian.

Contoh orang seperti ini adalah orang orang yang terlahir dari keluarga miskin, untuk mendapatkan akses pendidikan mereka tak semudah golongan bangsawan, untuk suksespun mereka butuh tenaga dan usaha yang ekstra dibandingkan dengan keluarga bangsawan, meskipun begitu jika mereka berusaha sungguh sungguh, pasti bisa sukses juga, namun usaha yang wajib dikerahkannya haruslah jauh lebih besar daripada golongan pertama.

Banyak manusia yang hanya fokus kepada berapa nilai yang didapat, tanpa pernah tahu atau bahkan tidak mau tahu jenis dan bentuk kotak yang datang kepadanya.

Jadi jika suatu saat kita mendapatkan nilai tinggi dalam permainan ini, jangan sombong dulu, bisa jadi kotak kotak yang datang kepada kita memang mudah ditata, begitupula jangan pndang sebelah mata orang orang yang "game over" karena sangat mungkin kotak kotak yang datang kepadanya adalah bentuk bentuk sulit yang menjadikan mereka tak punya pilihan selain "game over"

Hati hati dalam memilih figur motivasi, anda tidak bisa menjadikan anak raja yang akhirnya menjadi raja sebagai motivasi untuk menjadi raja, andapun tidak bisa seenaknya bilang "kalau dia bisa jadi raja, mengapa saya tidak?" eits ngaca dulu donk kamu anak siapa?

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)

B. FAKTOR X

Saya sering menjumpai sebuah istilah yang mengatakan bahwa hidup itu tidak bisa dihitung dengan ilmu matematika, dalam shadaqah misalnya, jika anda memiliki uang 1 juta kemudian anda sedekahkan 100rb uang yang anda miliki tidak akan 900 ribu, namun uang itu bisa menjadi 1 milyar atau bahkan lebih, apakah pernyataan ini benar? 

Well… saya tidak sepenuhnya setuju, bagi saya hidup ini bisa dihitung dengan rumus matematika!! Yak betul anda tak salah baca, hidup kita ini sangat amat mungkin dihitung dengan rumus matematika. menghitungnya  tidak dengan aritmatika, namun dengan aljabar.

Dalam fungsi aljabar ada satu huruf keramat yang keberadaannya misterius, huruf keramat ini adalah X, jadi rumus kehidupan kita bukan lah seperti 1+5, atau 6-2, atau 10+100, namun selalu ada huruf X yang terlibat dalam setiap hitung hitungan ini, saya menyebutnya dengan istilah FAKTOR X.

  • Jadi bukan 1+5, namun 1x + 5
  • Jadi bukan 6-2, namun 6x -2
  • Jadi bukan 10+100, namun 10x +100


  • Jika 1+5 hasilnya adalah 6, namun 1x +5 hasilnya bisa 1.000.000 atau bahkan bisa minus  1.000.000
  • Jika 6-2 hasilnya adalah 4, namun 6x -2 hasilnya bisa saja 1 trilliyun dan bahkan bisa juga minus 1 trilyun
  • Jika 10+100 hasilnya adalah 110, namun 10x +100 hasilnya bisa saja hanya 6 atau hanya 4 atau bisa juga melebihi 1 milyar.

Kenapa bisa seperti itu? Itu karena ada faktor X, nah faktor X inilah yang berperan krusial, hanya Allah yang berhak memberikannya.

Itulah alasan mengapa orang yang merasa dirinya cerdas, namun dalam karir dan hidup merasa kalah oleh mereka yang biasa biasa saja, hal itu terjadi karena faktor X yang dimiliki oleh orang orang yang biasa tadi lebih besar daripada nilai X yang ada pada si cerdas yang protes ini

Inilah alasan mengapa jika ada 2 toko yang menjual barang yang sama berhimpitan namun hasil yang diperolehnya berbeda,

Inilah alasan mengapa terkadang orang yang hanya bergaji 1 juta perbulan namun bisa menyekolahkan anak anaknya sampai sarjana, sedangkan yang bergaji 5 juta perbulan terkadang mengeluh tentang gajinya yang selalu kurang. Ini semua dipengaruhi oleh faktor X.

Faktor x bisa dipengaruhi oleh banyak hal, yang paling berpengaruh adalah keikhlasan, ketulusan, kesungguhan, kejujuran, doa dan ridho dari orang tua. Keenam hal yang saya sebutkan ini memiliki nilai X yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang.

APA MAKSUD TULISAN INI?

Setelah kita tahu bahwa ketetapan Tuhan itu seperti tetris, dan tahu bahwa rumus hidup dalam diri kita adalah seperti aljabar yang sangat dipengaruhi oleh faktor X, maka selayaknya kita jangan sombong terhadap segala pencapaian, prestasi serta sesuatu yang kita dapatkan, karena bisa jadi kotak kotak yang datang kepada kita memang mudah ditata.

Dan setelah kita tahu ada faktor X yang berperan sangat besar dalam kehidupan manusia, hendaklah kita berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai X yang besar supaya kehidupan kita lebih barakah dan berbuah ketentraman hati. 

faktor X juga memiliki peran terhadap bentuk bentuk kotak yang datang diluar kehendak kita, jika faktor ini bagus, kotak kotak yang datang kepada kita dalam permainan tetris adalah bentuk bentuk kotak yang mudah ditata sehingga memungkinkan kita mendapatkan nilai tinggi dalam permainan ini.

begitu pula sebaliknya, jika faktor X ini buruk, kotak kotak itu bisa datang dalam bentuk yang sangat acak dan sulit ditata, alih alih mendapatkan nilai tinggi, bisa bertahan hanya untuk sekedar tidak game over saja sudah dianggap bagus

Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat sebarkanlah, karena saya yakin mereka yang akan membacanya juga akan mendapatkan manfaat.

Jawaban Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan (Best Seller)


Comments

  1. Sangat menginspirasi karya" ustdaz,terimakasih banyak dan kami sebagai anak didik ustdaz yg bandel ini,meminta dan memohon dg sangat atas ridho ustadz untuk kami

    ReplyDelete
  2. Saya pribadi selalu menantikan apa yang beliau sampaikan atau beliau tulis.
    Terimakasih ustadz budi.sang motivator..
    Syaange fans tadz heheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro