Cara Hoax Menular dan Menyebar


Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 
(Founder Abda Publisher)

Pernah saya menulis tentang bagaimana cara hoax menyebar luas dan bisa diterima banyak orang dan orang2 mempercayainya sebagai sebuah kebenaran.

kali ini coba saya singgung sedikit hanya untuk refresh,

HATI HATI JIKA ANDA BACA KABAR DI WA, FB, ATAU INTERNET, dan kabar itu MENYENTUH EMOSI ANDA.

Dalam artian, jika anda baca kabar itu, anda MARAH, atau TAKUT, kecewa, sedih, atau kaget bahagia mendadak, anda harus waspada karena : bisa jadi kabar tersebut memang BENAR, akan tetapi berita yang nebeng setelahnya acap kali disisipi kabar kabar yang tidak benar, anda akan langsung percaya karena EMOSI anda sudah "kena" sebelumnya.

Orang kalau emosinya sudah "kena" maka logikanya gak akan "jalan". Tanyalah orang yg marah, takut, atau bahkan jatuh cinta, mereka akan melakukan hal2 yang gak logis, dan baru akan menyesal jika emosinya hilang (marah, takut, cintanya hilang)

Tuhan Yang Hilang (Best Seller)

Konteks dalam kasus ini adalah virus korona. Oke virus itu BENAR adanya, dan membuat anda takut, tapi tetaplah rasional dalam menyaring berrita yang mengikuti virus ini, banyak saya jumpai tentang kabar tidak benar tentang virus ini yg beredar di dunia maya KARENA ORANG2 PANIK DAN TAKUT, sehingga percaya mentah mentah kabar2 yang ikut numpang dibalik ketenaran virus ini. Emosinya sudah "kena" sehingga logikanya "off" dalam menyaring berita.

manusia hanya akan mendengar apa yang diyakini, jadi jika anda yakin bahwa virus ini adalah senjata biologis yang bocor, atau anda percaya bahwa virus ini adalah adzab bagi china, oke ndak papa itu keyakinan anda, dan mungkin dengan seperti itu adalah jalan anda untuk lebih dekat kepada Tuhan. tapi mbok yao jangan diumbar2... karena itu semua meskipun keyakinan tapi masih berupa spekulasi dan asumsi yang belum ada bukti konkritnya.

Nb. Jangan samakan keyakinan dan kebenaran.
Karena banyak sekali apa yang kita yakini sebagai kebenaran, justru adalah kesesatan dimata yang lain. Termasuk tulisan ini.

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro